Saudi Belum Keluarkan Pernyataan Resmi Soal Haji 2020

Kuala Lumpur, MINA – Arab belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang apakah kerajaan akan mengizinkan pelaksanaan .

Menteri Urusan Agama Malaysia, Datuk Seri Zulkifli Mohamad mengatakan setelah pertemuan dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Malaysia, Mahmoud Hussien Saeed Qattan di Kuala Lumpur, Selasa (7/4).

Zulkifli mengatakan, Duta Besar Arab Saudi mengatakan kepadanya dalam pertemuan bahwa belum ada pernyataan resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Saudi tentang masalah tersebut. Laporan News Straits Times.

“Saya memohon kepada semua Muslim untuk menghentikan penyebaran desas-desus tentang masalah ini,” ujarnya.

“Mari kita semua berdoa agar pandemi ini dihapus, dan dua kota suci aman untuk memungkinkan haji seperti yang direncanakan sesuai jadwal,” katanya.

Pada 1 April, Saudi menyarankan umat Islam untuk menunggu sampai ada kejelasan tentang pandemi coronavirus, sebelum membuat rencana untuk menunakan ibadah haji tahun ini.

Setiap tahun, sekitar 2,5 juta peziarah dari seluruh dunia akan dating ke Mekah dan Madinah, menunaikan rukun Islam kelima.

Arab Saudi telah menangguhkan ibadah umrah dan menghentikan semua penerbangan penumpang internasional tanpa batas waktu yang ditentukan, serta menetapkan penguncian (lockdown) kota suci Mekah dan Madinah. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)