Saudi Buka E-Registrasi Calhaj Asal Eropa, AS dan Australia

Jeddah, MINA – Kementerian dan Umrah membuka e-registrasi bagi calon Jemaah haji asal Eropa, Amerika Serikat dan Australia untuk mendaftar secara elektronik musim haji tahun ini.

Portal yang dikembangkan oleh kementerian mencakup berbagai paket, layanan dukungan, dan pusat panggilan 24/7 dalam berbagai bahasa.

Kementerian mengatakan, Senin (6/6), seperti diberitakan Saudi Gazette, “Portal ini juga memungkinkan penerbitan visa secara elektronik, untuk memenuhi aspirasi peziarah terhormat dari negara-negara ini dan memastikan prosedur yang cepat dan mudah.”

Jemaah haji dapat melakukan pendaftaran langsung melalui portal pada link www.motawif.com.sa.

Melalui portal tersebut, jemaah haji dapat memastikan bahwa ia memenuhi persyaratan antara lain : telah divaksin lengkap Covid-19, usia di bawah 65 tahun dan hasil PCR negatif yang diambil sebelum keberangkatannya, dengan prioritas bagi mereka yang belum pernah menunaikan haji.

Layanan ini dilakukan sebagai upaya mengembangkan pengalaman digital bagi para peziarah.

Upaya tersebut bertujuan untuk mempermudah prosedur, dan memberikan harga yang kompetitif bagi jemaah haji dari negara-negara tersebut.

Kementerian mengumumkan sebelumnya bahwa jemaah asing merupakan 85 persen dari total satu juta jemaah yang akan diizinkan untuk melakukan haji tahun ini.

Sebanyak 850.000 jemaah haji asing akan diizinkan untuk melakukan haji. Sementara jumlah jemaah haji domestik dibatasi pada 150.000 orang.

Jumlah total 850.000 jemaah haji asing merupakan 45,2 persen dari kuota sebelum merebaknya pandemi virus corona.  (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.