Saudi dan China Berjanji Prioritaskan Hubungan

Presiden China Xi Jinping bertemu Raja Salman Arab Saudi di Riyadh, Kamis, 8 Desember 2022. (Al Jazeera/Video)

Riyadh, MINA – Arab Saudi dan China berjanji untuk memprioritaskan hubungan sebagai bagian dari kebijakan luar negeri mereka dan menetapkan model kerja sama serta solidaritas untuk negara-negara berkembang, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kedua belah pihak setelah KTT Saudi-China.

Kedua belah pihak menegaskan kembali bahwa mereka akan terus mendukung kepentingan inti satu sama lain, mendukung satu sama lain dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah mereka, dan mengerahkan upaya bersama untuk mempertahankan prinsip non-intervensi dalam urusan internal negara, aturan hukum internasional, dan prinsip dasar hubungan internasional.

Pihak Saudi menegaskan kembali kepatuhannya pada prinsip satu-China, lapor kantor berita negara SPA.

Selain itu, pihak China menyatakan dukungan untuk Kerajaan dalam menjaga keamanan dan stabilitasnya, serta menegaskan penentangannya terhadap tindakan apa pun yang akan mencampuri urusan dalam negeri Kerajaan Arab Saudi, juga menolak setiap serangan yang menargetkan warga sipil, fasilitas sipil, wilayah, dan kepentingan Saudi.

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Columbia Kembali Gelar Aksi Duduk Menentang Agresi Israel

Kedua belah pihak menyatakan kepuasan mereka dengan tahapan progresif hubungan bilateral selama tiga dekade terakhir. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi