Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saudi dan OKI Akan Adakan Pertemuan Darurat Bahas Pembakaran Al-Qur’an di Swedia

Ali Farkhan Tsani - Jumat, 30 Juni 2023 - 09:20 WIB

Jumat, 30 Juni 2023 - 09:20 WIB

2 Views

Jeddah, MINA – Kerajaan Arab Saudi dan Presiden KTT Islam, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pekan depan akan mengadakan pertemuan terbuka darurat Komite Eksekutif untuk membahas pembakaran Al-Qur’an di Swedia.

Pertemuan yang akan diadakan di kantor pusat OKI di Jeddah, akan membahas langkah-langkah yang akan diambil terhadap tindakan keji itu dan untuk menyesuaikan posisi kolektif OKI pada tindakan yang diperlukan. SPA melaporkan, Kamis (29/6).

OKI sebelumnya mengutuk pembakaran salinan Al-Qur’an oleh seorang ekstremis di Masjid Pusat Stockholm di Swedia setelah shalat Idul Adha pada hari Rabu (28/6).

Dalam siaran pers Kamis, Sekjen OKI mengutuk berulangnya serangan melanggar kesucian Al-Qur’an dan nilai-nilai Islam lainnya.

Baca Juga: Wapres Ajak Dai di ASEAN Fokus Dakwah Perkuat Umat

OKI menegaskan kembali komitmen semua negara, di bawah Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk mempromosikan, mendorong dan menghormati hak asasi manusia dan kebebasan mendasar bagi semua orang secara universal dan tanpa bentuk pembedaan apa pun, seperti ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik atau lainnya.

Liga Dunia Muslim (MWL) juga mengecam keras kejahatan pembakaran salinan Al-Qur’an di Stockholm itu, sebagai tindakan tercela dan memprovokasi sentimen umat Islam, terutama pada perayaan Idul Adha yang diberkati.

Dalam pernyataan Sekretariat Jenderal Liga Muslim Dunia, Sheikh Dr.

Mohammed Bin Abdulkarim Al-Issa, Sekretaris Jenderal WML dan ketua Organisasi Cendekiawan Muslim, mengecam kejahatan yang tidak masuk akal dan keji ini, yang dilakukan di bawah perlindungan polisi dan di bawah klaim mempraktekkan kebebasan berekspresi.

Baca Juga: Jumat ke-40, Aksi Pro-Palestina di Yaman Dihadiri Jutaan Orang

Dr. Al-Issa memperingatkan bahaya dari praktik-praktik ini yang mempromosikan kebencian, memprovokasi sentimen agama, dan hanya melayani agenda ekstremisme.

Di Riyadh, Pusat Internasional Dialog Antaragama dan Antarbudaya Raja Abdullah Bin Abdulaziz (KAICIID) telah menyatakan kecaman keras atas pembakaran Al-Qur’an oleh seorang ekstremis di ibu kota Swedia, Stockholm.

Dalam pernyataannya, KAICIID menyatakan penyesalan yang mendalam atas dukungan yang diberikan kepada orang-orang yang melakukan tindakan keji tersebut dalam hal ‘kebebasan berpendapat dan berekspresi.’

Ditegaskan kembali bahwa penghormatan terhadap keyakinan dan kesucian orang lain merupakan prioritas, terutama yang berkaitan dengan hak asasi manusia sebagaimana disetujui oleh konvensi PBB dan diakui oleh hukum internasional. (T/RS2/P1)

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Forum Internasional Dai Asia Tenggara

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Bendera Palestina dikibarkan di komplek Masjid Al-Aqsa (Sumber: Anadolu Agency)
Palestina
Internasional
Dunia Islam
Internasional