Saudi dan Prancis Bahas Perkembangan di Gaza

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu di Paris (Foto: AA)

Riyadh, MINA – Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui sambungan telepon Rabu (22/5), membahas perkembangan terbaru di Jalur Gaza.

Kedua pemimpin tersebut, juga membahas hubungan bilateral untuk meningkatkan kerja sama diberbagai bidang, Anadolu Agency lapor.

Mereka juga membahas “sejumlah masalah regional dan internasional, yang paling utama adalah perkembangan terkini situasi di Gaza.

Perlunya mengintensifkan upaya dan komunikasi internasional mengakhiri perang dan segala bentuk eskalasi, serta berupaya memberikan bantuan kemanusiaan maksimal”

Bin Salman dan Macron juga saling bertukar ucapan selamat atas kesepakatan yang ditandatangani antara Saudia Group dan Airbus untuk membeli 105 pesawat penumpang.

Israel telah melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza sebagai pembalasan atas serangan 7 Oktober tahun lalu oleh kelompok Palestina Hamas yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Baca Juga:  Militan Irak Serang Pelabuhan Haifa Israel dengan Rudal Jelajah

Lebih dari 35.700 warga Palestina telah terbunuh, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan hampir 80.000 lainnya terluka sejak saat itu.

Lebih dari tujuh bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang memerintahkannya untuk memastikan bahwa pasukannya tidak melakukan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Zaenal Muttaqin