Saudi Eksekusi Empat Orang Terlibat Terorisme

Demonstrasi aktivis Syiah di provinsi Qatif menentang Kerajaan . (Foto: Twitter)

 

Qatif, 18 Syawwal 1438/12 Juli 2017 (MINA) – Arab Saudi mengeksekusi empat orang terlibat terorisme di provinsi timur Qatif yang mayoritas Syiah, demikian  pernyataan Menteri Dalam Negeri disiarkan  televisi pemerintah,  Selasa (11/7).

Kementerian mengungkapkan nama-nama para narapidana, yaitu Amjad Naji al-Moebid, Zaher Abdulrahim al-Basri, Yousif Ali Almushaikhis dan Mahdi Mohammed Hassan Sayegh. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Al-Basri dan tiga narapidana lainnya dinyatakan bersalah terlibat dalam beberapa serangan teror sejak 2011.

Wilayah kaya minyak itu telah diguncang oleh kerusuhan sejak 2011, saat demonstrasi Syiah meletus untuk menuntut persamaan hak di kerajaan Teluk.

Pihak berwenang telah menyalahkan kerusuhan kepada “teroris” dan pedagang obat bius.

Pada bulan Mei, buldoser mulai menghancurkan distrik bersejarah Al-Awamiya di Qatif. Pemerintah berencana merobohkan beberapa ratus rumah, karena dianggap telah menjadi tempat persembunyian bagi militan lokal.

Perusakan tersebut memicu baku tembak di jalanan antara pasukan keamanan Arab Saudi dan orang-orang bersenjata Syiah, memicu ketegangan sektarian di sekitar wilayah tersebut. (T/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.