Saudi Kirim 140 Ton Tabung Oksigen ke India

Riyadh, MINA – Pemerintah Arab mengirimkan lagi bantuan tabung oksigen 60 ton, setelah sebelumnya 80 ton, sehingga menjadi 140 ton, dalam paket bantuan untuk India.

Saudi mengirim lebih banyak oksigen medis melalui tanker untuk mengangkutnya ke India yang sedang memerangi wabah COVID-19 terburuk di dunia. Saudi Gazette melaporkannya, Sabtu (29/5).

“Kami sangat menghargai sikap Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz atas tawarannya untuk mengirim 3 Kontainer ISO dengan 60 ton LMO, yang diharapkan tiba di Mumbai pada 6 Juni 2021, dan juga untuk menyediakan 100 kontainer ISO di beberapa bulan mendatang untuk mendukung #IndiaFightsCorona,” kata Menteri Perminyakan Dharmendra Pradhan dalam akun twitternya.

India telah beralih ke negara-negara OPEC, terutama Arab Saudi, UEA dan Kuwait untuk mencari oksigen medis dalam upayanya mengatasi pandemi.

Awal bulan ini, Pradhan berdiskusi dengan Pangeran Abdulaziz, Menteri Perindustrian UEA Sultan Al Jaber, dan Menteri Energi Qatar Saad Sherida Al-Kaabi mengenai pasokan oksigen dan perlengkapan medis.

“Diskusi saya dengan Pangeran Abdulaziz dan dukungannya yang konsisten untuk membantu India mengatasi pandemi Covid-19, memang merupakan perwujudan dari persahabatan dan hubungan kekeluargaan kami yang dalam. Pada akhirnya ini menjadi inti dari semua interaksi kami,” katanya.

Negara lainnya, Kuwait juga juga berkomitmen memberikan bantuan dan dukungan kepada India dalam mengatasi “situasi yang memburuk” akibat pandemi virus corona, kata Menteri Luar Negeri Sheikh Dr. Ahmad Nasser Al-Mohammad Al-Sabah pada Jumat.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar mengungkapkan penghargaan dan terima kasih negaranya atas sikap mendukung ini, dengan mengatakan hal itu mencerminkan kedalaman hubungan historis antara kedua negara sahabat. (T/RS2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.