Saudi Serahkan 930 Juta Dolar Bantuan Kemanusiaan di Yaman

Putra Mahkota bertemu Antonio Guterres di PBB, New York. (Foto: dok. Nahar Net)

New York, MINA – Arab Saudi pada Selasa (27/3) menyerahkan dana senilai 930 juta dolar AS kepada PBB untuk bantuan kemanusiaan di Yaman, ketika Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendorong untuk mengakhiri perang di sana.

Guterres mengucapkan terima kasih kepada Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman atas sumbangannya, tetapi ia menekankan bahwa perang di Yaman membutuhkan solusi politik, bukan hanya respon kemanusiaan.

“Tidak ada solusi kemanusiaan untuk masalah kemanusiaan. Solusinya adalah politik dan kami sepenuhnya siap membantu Anda untuk mencari solusi,” kata Guterres kepada bin Salman setelah menerima cek yang juga berasal dari Uni Emirat Arab, demikian Nahar Net melaporkan.

Saudi telah memimpin koalisi militer Arab di Yaman dalam memerangi pemberontah Houthi untuk mengembalikan pemerintahan Yaman yang sah.

Korban sipil dari serangan udara koalisi telah mengundang kritik dari kelompok-kelompok hak asasi manusia. Pada bulan Oktober, PBB menempatkan aliansi itu pada “daftar hitam” karena membunuh dan melukai anak-anak.

Riyadh menegaskan, koalisi menghormati kewajibannya di bawah hukum kemanusiaan internasional. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.