Saudi Siapkan Lebih Dari Satu Juta Hewan Kurban

Seorang lelaki Saudi berbelanja domba di pasar ternak di provinsi barat daya Jazan. Lebih dari 1 juta hewan ternak diperkirakan akan disembelih untuk prosesi kurban bagi jamaah haji tahun ini. (Foto: file SPA)  

Makkah, MINA – Pejabat mengumumkan, lebih dari 1 juta hewan ternak telah disiapkan sebagai untuk prosesi haji tahun ini.

“Sebuah tim yang beranggotakan lebih dari 40.000 operator, teknisi, dan pengawas akan bekerja sepanjang waktu untuk memenuhi permintaan jamaah,” kata Dr. Bandar Al-Hajjar, Ketua Kelompok Bank Pembangunan Islam dan komite yang mengawasi proyek tersebut, sebagaimana dilaporkan Arab News dikutip MINA, Jumat (9/8).

Sementara itu, Otoritas Umum Saudi untuk Statistik mengungkapkan angka-angka yang menunjukkan 30.908 orang  (8.685 di antaranya perempuan) dipekerjakan dalam menyediakan layanan kesehatan dan darurat selama haji.

Hal tersebut termasuk pekerja untuk Kementerian Kesehatan, Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi dan Otoritas Makanan dan Obat-obatan Saudi serta mereka yang menyediakan layanan kesehatan dari sektor keamanan dan militer.

Jumlah total tenaga medis dan ambulans yang dipekerjakan selama musim haji ditempatkan di 1.141 titik, dan otoritas mengatakan bahwa layanan kesehatan, terapi, pencegahan dan ambulans untuk peziarah akan diberikan gratis oleh Departemen Kesehatan melalui tim khusus dokter, apoteker, perawat, teknisi, dan administrator dengan staf lebih dari 27.797 orang.

Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi juga telah mengalokasikan 132 pusat bantuan sementara, 370 ambulans, 20 sepeda dan 2.811 orang untuk tim darurat dan tenaga kerja di Mekah, Madinah, dan tempat-tempat suci untuk mencakup semua layanan medis dan darurat bagi para peziarah.

Otoritas Makanan dan Obat-obatan Saudi, dengan 300 staf, akan bertanggung jawab untuk mengawasi makanan, obat-obatan, peralatan medis dan produk yang dibawa oleh para peziarah dan misi haji.(T/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.