Saudi-Suriah Umumkan Keputusan Lanjutkan Hubungan Diplomatik

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud (kiri) bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus pada 18 April 2023. (Foto oleh SANA)

Riyadh, MINA – dan telah mengumumkan keputusan untuk melanjutkan hubungan diplomatik mereka, lebih dari satu dekade setelah Riyadh memutuskan hubungan dan mulai memberikan dukungan di belakang kelompok bersenjata anti-Damaskus.

Kerajaan “telah memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan misi diplomatiknya di Suriah,” kata Kementerian Luar Negeri Saudi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan Saudi Press Agency (SPA), Selasa (9/5).

Kantor Berita Resmi Arab Suriah (SANA) juga mengutip sumber Kementerian Luar Negeri yang mengatakan, “Republik Arab Suriah telah memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan misi diplomatiknya di Arab Saudi.”

Arab Saudi dan sekutunya memutuskan hubungan mereka dengan Suriah setelah pecahnya gelombang besar kekerasan yang didukung pihak asing pada tahun 2011 di seluruh negara Arab itu.

Tiga pekan lalu, Assad bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan di Damaskus, kunjungan pertama sejak 2011. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.