Saudi Tangkap Lebih 120 Pemalsu Sertifikat Vaksin dan Tes

Jamaah haji mengenakan masker wajah dan berjalan dengan menjaga jarak sesuai tanda yang telah dipasang saat melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020). (Sumber: Saudi Ministry of Media)

Riyadh, MINA – telah menangkap lebih dari 120 orang yang dicurigai memasok atau mendapatkan virus corona palsu dan sertifikat tes, media resmi mengatakan Kamis (15/7).

Kantor berita SPA yang dikelola negara mengatakan, sembilan pejabat kementerian kesehatan termasuk di antara yang jadi terdakwa, yang semuanya mengaku bersalah.

Sekitar 60.000 penduduk Saudi dengan sertifikat vaksin akan bergabung dalam ibadah haji tahun ini, kedua kalinya pelaksanaan haji dibatasi secara besar-besaran karena pandemi, Nahar Net melaporkan.

Tersangka kasus diduga menggunakan media sosial untuk mengiklankan layanan mereka.

Ini termasuk mengubah status infeksi, status vaksinasi dan apakah satu atau dua dosis telah diberikan, SPA melaporkan.

Lebih dari 21 juta vaksin virus corona telah diberikan di negara Teluk berpenduduk 34 juta orang itu, menurut data Kementerian Kesehatan yang diterbitkan pada hari Kamis.

Pada hari Rabu (14/7) Kementerian mengumumkan, 1.226 kasus baru dan 14 kematian, sehingga jumlah total infeksi menjadi 504.960 dan jumlah kematian kumulatif menjadi 8.020.

Hanya warga yang divaksinasi yang dapat memasuki gedung-gedung pemerintah, tempat Pendidikan, tempat hiburan atau menggunakan transportasi umum mulai Agustus.

Hanya pekerja yang divaksinasi baik di sektor publik maupun swasta yang diizinkan kembali ke tempat kerja. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.