Saudi Tegaskan Bantuan Keuangan untuk Afghanistan

Jenewa, MINA – Arab Saudi menegaskan kembali dukungannya untuk memberikan bantuan keuangan bagi Afghanistan

Abdul Aziz Al-Wasel, Duta Besar Arab Saudi untuk PBB di Jenewa mengatakan hal itu pada konferensi donor untuk negara yang dilanda perang. Arab News melaporkan, Selasa (24/11)

Konferensi diselenggarakan bersama oleh Finlandia dan PBB, dihadiri AS, Uni Eropa dan donatur  lainnya. Mereka  menjanjikan miliaran dolar untuk Afghanistan.

Al-Wasel mengatakan, negaranya telah mendukung lebih dari 35 proyek di Afghanistan di berbagai sektor, dengan biaya lebih dari AS $ 24 juta (Rp340 miliar lebih).

Proyek tersebut meliputi bidang kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, air dan ketahanan pangan.

Ia menambahkan, Saudi berpartisipasi dalam semua konferensi donor yang diadakan untuk Afghanistan karena rasa tanggung jawabnya terhadap Afghanistan dan berharap negara itu mencapai keamanan dan kemakmuran.

Dia percaya bahwa mencapai stabilitas di Afghanistan membutuhkan dukungan kolektif melalui beberapa langkah, termasuk rekonsiliasi antara pemerintah Afghanistan dan Taliban, serta komitmen kelompok tersebut untuk meninggalkan kekerasan dan untuk terlibat dalam proses politik.

Negara-negara seperti Inggris, Belanda, Jerman, AS, dan Kanada juga menyatakan janji bantuan senilai ratusan juta dolar untuk Afghanistan, setelah pidato dari para pejabat seperti Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)