Saudi Tegaskan Kembali Dukungan untuk Rakyat Palestina

(Foto: UNA-OIC)

Neom, MINA – Pemerintah Arab Saudi menegaskan kembali dukungannya untuk perjuangan rakyat Palestina dan semua upaya yang bertujuan untuk mencapai solusi yang adil dan komprehensif atas konflik yang belum terselesaikan.

Ditegaskan bahwa dukungan tersebut dengan cara yang memungkinkan rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka mereka di perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, sesuai dengan resolusi legitimasi internasional dan Inisiatif Perdamaian Arab.

Pernyataan tersebut dikeluarkan pada sidang kabinet  secara virtual pada hari Selasa (15/9) yang dipimpin langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, demikian SPA melaporkan yang dikutip MINA.

Selain itu, kabinet menegaskan kembali sikap Kerajaan pada persatuan, kedaulatan dan integritas wilayah Arab, serta menolak setiap ancaman yang mengganggu kestabilan wilayah tersebut.

Sebelumnya, Arab Saudi menyatakan, mereka tak akan menggelar kesepakatan apa pun dengan Israel jika tak melakukan perjanjian damai bersama Palestina.

Pada 2002 Arab Saudi sempat menjadi sponsor Inisiatif Damai Arab, berisi upaya pemulihan relasi dengan Israel bila insiatif damai itu terwujud. Saudi menyatakan kembali langkah menuju normalisasi tidak akan terjadi sebelum perdamaian dengan Palestina tercapai.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)