Saudi Terapkan “New Normal”, Umrah Masih Ditangguhkan

potret perkotaan di Saudi (foto: Arab News)

Jeddah, MINA – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menerapkan “tatanan kehidupan baru” atau new normal di seluruh negeri mulai Ahad (21/6), setelah 73 hari penguncian nasional diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kementerian Dalam Negeri Saudi seperti dikutip dari Arab News mengatakan, Kerajaan sudah menyetujui keputusan tersebut dan jam malam di seluruh negeri dicabut.

Dengan keputusan tersebut semua kegiatan komersial dan ekonomi di seluruh wilayah Arab Saudi kembali berjalan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 bagi setiap Individu.

Menjaga jarak sosial, memakai masker dan melarang pertemuan lebih dari 50 orang adalah protokol pencegahan yang harus tetap dipatuhi bagi setiap Individu.

Namun, ibadah umrah dan kunjungan ke tempat-tempat suci masih ditangguhkan. Keputusan akan ditinjau secara berkala dengan melihat perkembangan baru, kata Kemendagri Saudi.

Selain itu, penerbangan internasional juga masih ditangguhkan, demikian juga  semua aktivitas perjalanan melalui jalur laut dan darat, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sanksi akan diterapkan bagi individu atau kelompok yang melanggar peraturan tersebut.

Sementara itu, Arab Saudi pada Sabtu (20/6) menkonfirmasi 3.941 kasus baru Covid-19, sementara 3.153 sembuh, 46 meninggal dunia, sehingga menjadikan total 154.233 kasus, 98.917 sembuh dan 1.230 meninggal. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)