Saudi Tunda Jamaah Umrah Asal Negara Terdampak Corona

Riyadh, MINA – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan, menangguhkan sementara waktu jamaah umrah asal negara terdampak virus corona, pernyataan Kementerian Luar Negeri pada Kamis pagi (27/2).

Arab Saudi menangguhkan masuknya pemegang visa turis yang datang dari negara-negara di mana virus corona baru menyebar dengan berbahaya, sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh otoritas kesehatan yang kompeten di Kerajaan.

Seperti dilaporkan Saudi Gazette, Kemenlu mengatakan, otoritas kesehatan di Arab Saudi intensif mengikuti perkembangan virus corona baru (COVID-19).

Kementerian menegaskan kegigihan pemerintah melalui otoritas terkait untuk menerapkan standar internasional dan mendukung upaya negara dan organisasi internasional, terutama Organisasi Kesehatan Dunia WHO, untuk menghentikan penyebaran virus.

Pihaknya menekankan, tindakan pencegahan dilakukan untuk memberikan perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan penduduk dan setiap orang yang berniat datang ke negaranya, baik untuk melakukan umrah, mengunjungi Masjid Nabawi atau untuk tujuan wisata.

“Tindakan pencegahan ini berdasarkan rekomendasi dari otoritas kesehatan yang kompeten untuk menerapkan standar kehati-hatian tertinggi, dan mengambil langkah-langkah pencegahan proaktif untuk mencegah kedatangan virus corona dan penyebarannya,” tambah Kementerian.

Arab Saudi menegaskan bahwa prosedur ini bersifat sementara, dan akan dievaluasi terus-menerus oleh pihak yang berwenang.

Kementerian Luar Negeri juga meminta warga untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana virus corona menyebar. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)