SBY IMBAU NEGARA-NEGARA ASIA-AFRIKA PERHATIKAN KEAMANAN DI PALESTINA

Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.
ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Jakarta, 4 Rajab 1436/23 April 2015 (MINA) – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono () menghimbau negara-negara di kawasan dan untuk memperhatikan keamanan di , khususnya di .

“Parlemen harus bersama-sama menyatakan dukungan dalam menciptakan keamanan kawasan Timur Tengah yang bergejolak, terutama Palestina dan Yaman,” kata SBY sebagai pembicara kunci pada sidang paripuna  I  Konferensi Parlemen Asia Afrika pada Kamis (23/4) siang , di Gedung DPRMPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Susilo berbicara dalam kapasitasnya sebagtai “Chair of Global Green Growth Institue”.

Pada kesempatan itu, SBY juga menegaskan pentingnya peran parlemen yang bertugas untuk mendorong pemerintah menciptakan stabilitas di negara kawasan Asia dan Afrika serta dunia.

“Asia Afrika harus menyebarkan perdamaian secepat mungkin. dan Mozambik akhiri perang mereka. Rwanda akhiri perang etnis. Di Indonesia separatisme sudah mulai diminimalkan, hidup berdampingan dalam damai. Stabilitas ini harus dilebarkan terus,” tegas SBY.

“Pasti melewati hal buruk walau nantinya akan kembali pada perdamaian dan persaudaraan,” imbuhnya.

Sementara sebelumnya, Presiden Indonesia, Joko Widodo () dalam pidato pembukaan,  menekankan pentingnya kerjasama Parlemen Asia-Afrika untuk kemerdekaan Palestina sebagai bagian dari cita-cita dalam mewujudkan kesejahteraan, solidaritas, dan stabilitas negara-negara Asia-Afrika.

“Parlemen sebagai representasi dari rakyat sangat penting perannya untuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina,” kata Jokowi saat membuka Konferensi Parlemen Asia-Afrika.

Di pihak lain, Ketua RI dalam pidatonya menyatakan, Konferensi Parlemen Asia-Afrika mendukung penuh tercapainya kemerdekaan bagi rakyat Palestina, karena sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945.

Sebagai bentuk dukungan itu, dia menegaskan, maka dilakukan peningkatan kerja sama parlemen negara-negara Asia-Afrika guna memperkuat dukungan untuk mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran, dan kemerdekaan bagi warga Palestina. (L/P011/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0