Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

TEKAN ISRAEL, INDONESIA KIRIM SURAT KE PBB

Admin - Sabtu, 12 Juli 2014 - 16:11 WIB

Sabtu, 12 Juli 2014 - 16:11 WIB

1228 Views ㅤ

foto: skretariat kabinet RI
foto: skretariat kabinet RI

foto: skretariat kabinet RI

Jakarta, 14 Ramadhan 1435/12 Juli 2014 (MINA) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kecaman keras Indonesia atas serangan militer Israel ke Jalur Gaza, menambahkan pihaknya sudah mengirimkan surat ke badan-badan internasional untuk menekan Israel.

Mengenai langkah yang diambil Pemerintah Indonesia, Presiden SBY mengatakan, sejak awal ia telah menginstruksikan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa untuk meningkatkan langkah diplomatik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan Gerakan Non Blok (GNB) guna menghentikan serangan militer Israel.

“Aksi-aksi militer Israel perlu segera dihentikan dan disusul dengan gencatan senjata yang diawasi oleh Dewan Keamanan PBB,” kata Presiden SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono, Jumat (11/7).

Presiden SBY menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri, dan tidak mengambil langkah yang memperpanjang kondisi perang di Jalur Gaza, demikian rilis Sekretariat Kabinet RI yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga: Protes Kepada Israel, Warga Palestina di Tepi Barat Mogok Kerja Massal

Presiden SBY juga mengulang kecaman pemerintah Indonesia atas serangan yang dilakukan Israel ke Jalur Gaza itu dalam sidang kabinet paripurna yang berlangsung di kantor presiden, Jakarta, Jumat (11/7) siang. “Serangan Israel telah melampaui batas, dan tidak proporsional, serta mengakibatkan terjadinya korban sipil,” kata Presiden SBY.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna itu, Presiden mengemukakan, bahwa sore ini ia akan berkomunikasi dengan Presiden Iran Hassan Rouhani selaku Ketua Gerakan Non Blok untuk membahas perkembangan di Palestina itu.

Menurut Presiden SBY, ada empat sasaran diplomasi Indonesia terkait memanasnya situasi di Jalur Gaza yakni dengan menghentikan serangan Israel, gencatan senjata, mencegah balas membalas, dan bantuan kemanusiaan. “Saya mengajak rakyat Indonesia untuk berdoa agar kekerasan di Gaza segera berhenti, dan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada yang menderita,” pinta SBY. (T/P010/P01).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Merusak Masa Depan, Prima DMI Ajak Masyarakat Tidak Berjudi

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Palestina
Indonesia
Timur Tengah
Khadijah