SBY RESMIKAN ASRAMA MAHASISWA INDONESIA DI AL-AZHAR KAIRO

Foto: bewara.co
Foto: bewara.co

Jakarta, 10 Dzul Hijjah 1435 H/4 Oktober 2014 M (MINA)- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Asrama Mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Peresmian dilakukan secara simbolis di halaman Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, seusai salat Jumat (3/10).

Pembangunan asrama tersebut merupakan hibah dari pemerintah Indonesia dengan payung hukum Keputusan Presiden. Sementara lahannya hibah dari pihak Al Azhar, seperti dilaporkan laman resmi Kepresidenan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Mendikbud Mohammad Nuh menjelaskan, gedung asrama yang berada di kawasan Nasr City, Kairo, ini terdiri atas 6 lantai. Lantai 1 hingga lantai 5 masing-masing terdiri atas 15 kamar, sementara lantai dasar digunakan untuk kantor, perpustakaan, ruang belajar, dan lain-lain.

Menurut SBY, pembangunan asrama mahasiswa di Al Azhar Kairo hampir selesai. Asrama terdiri empat bangunan dan gedung ini juga bisa digunakan oleh selain mahasiswa asal Indonesia. Dari kapasitas yang ada, 50 persen akan diisi mahasiswa asal Indonesia, 25 persen Mesir, dan 25 persen dari negara-negara sahabat.

“Ini baik, ini kebersamaan, serta bentuk persaudaraan dan persatuan sesama umat Islam, khususnya mahasiswa-mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di sana,” ujar Presiden SBY.

Saat berkunjung ke Mesir pada awal Februari 2013 lalu, SBY menyempatkan diri meninjau kampus Al Azhar untuk melihat proses pembangunan asrama dan bertemu dengan ribuan mahasiswa Indonesia.

“Di situlah kita matangkan rencana pembangunan asrama ini. Saya berbincang dengan pimpinan Al Azhar dan para mahasiswa, dan bulatlah sudah bahwa asrama ini perlu segera dibangun dan dihadirkan,” SBY menjelaskan.

Presiden juga bersyukur karena doktrin dari Universitas Al Azhar Kairo sama dengan yang dicita-citakan dan menjadi tujuan Islam, yaitu menaburkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam dan menjadikan umat Islam sebagai umat yang mencintai perdamaian.

“Ini penting saudara-saudara. Umat Islam saat ini sedang menghadapi tantangan di abad ke-21. Betapa kebanyakan negara-negara Islam saat ini sedang mendapat ujian dari Allah SWT. Semangat yang sedang muncul saat ini, termasuk saat pembahasan di sidang Majelis Umum PBB, September lalu, adalah bagaimana memerangi terorisme. Terorisme adalah musuh kita semua,” SBY menegaskan.

Peresmian asrama ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden SBY. Mendampingi SBY pada kesempatan ini, antara lain, Meneko Perekonomian Chairul Tanjung, Mendikbud M. Nuh, Menlu Marty Natalegawa, Mensos Salim Segaf Al-Jufri, Seskab Dipo Alam, dan Kapolri Jenderal Sutarman. (T/P010R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0