Sebanyak 20 Truk Konvoi Bantuan Kemanusiaan Turki Tiba di Irak

Erbil, , 25 Muharram 1438/26 Oktober 2016 (MINA) – Sebanyak 20 truk konvoi telah tiba di Kota Erbil, utara Irak, di tengah serangan yang sedang berlangsung untuk merebut kembali Kota Mosul Irak dari ISIS.

“Konvoi ini adalah angkatan pertama dari bantuan kemanusiaan yang akan dikirim oleh Turki untuk warga sipil yang terkena dampak serangan Mosul,” ungkap Konsul Jenderal Turki, Mehmet Akif Inam, Selasa (26/10), demikian laporan Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurutnya, 20 truk konvoi, terdiri dari 527 ton bantuan, yang dikirim oleh lembaga Bulan Sabit Merah Turki akan dibagikan kepada pengungsi Irak di kamp-kamp di Erbil.

Inam mengatakan bahwa Turki telah mengirimkan bantuan ke daerah itu sejak Mosul berada di bawah kendali ISIS pada tahun 2014.

“Turki berusaha untuk meringankan beban pemerintah wilayah tersebut [yang merupakan wilayah Kurdi], meskipun hanya beberapa derajat,” katanya.

Dalam hubungan diplomat itu, ia mengucapkan terimakasih kepada walikota dan para pejabat atas kerjasama mereka dengan pihak Turki.

Sementara itu, Walikota Erbil Nevzat Hadi menekankan pentingnya bantuan Turki dalam mencegah krisisnya kemanusiaan di daerah tersebut.

Dia juga memperingatkan bahwa ribuan orang kemungkinan melarikan diri ke wilayah Kurdi jika serangan anti ISIS di Mosul memburuk.

“Kamp-kamp pengungsi di daerah Al-Khazir, sekitar 40 kilometer sebelah timur Mosul, pada tahap pertama sudah bisa menampung sekitar 100.000 orang,” kata Hadi.(T/M013/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.