Sebanyak 32.128 Calhaj Indonesia Sudah Tiba di Madinah

Madinah (foto: dok/Kemenag)

, MINA – Tercatat sebanyak 32.138 calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia yang sudah tiba di Kota Madinah Al Munawarah, Arab Saudi.

Menurut siaran pers Kementrian Agama RI, Jumat (12/7), jumlah tersebut berasal dari 79 kelompok terbang (kloter) seperti yang dilansir dari data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada Kamis (11/7) pukul 00.05 waktu Arab Saudi.

Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari mengatakan bahwa jumlah keseluruhan Calhaj gelombang satu mencapai 94.550 jamaah yang berasal dari 229 kloter, termasuk petugas penyerta kloter.

“Kedatangan kloter awal jumlah kloter yang tiba masih sedikit, setelah itu setiap hari kedatangan jamaah ke Madinah rata-rata per hari mencapai 14-18 kloter,” imbuh Jauhari.

“Kedatangan jemaah haji akan gelombang I akan mencapai masa puncak pada hari ke-8, 9 dan 10 yang diperkirakan jatuh pada tanggal 14, 15 dan 16 Juli mendatang,” ujar Jauhari, Kamis (11/07) malam Waktu Arab Saudi.

Adapun kloter yang tiba di Madinah berasal dari embarkasi Lombok (LOP) sebanyak empat kloter, Padang (PDG) sebanyak lima kloter, Ujung Pandang (UPG) enam kloter, Banjarmasin (BDJ) dua kloter, Batam (BTH) sebanyak 7 kloter, Jakarta-Bekasi (JKS) 15 kloter, Jakarta-Pondok Gede (JKG) 5 kloter, Solo (SOC) sebanyak 16 kloter, Surabaya (SUB) 14 kloter, Palembang (PLM) sebanyak lima kloter.

Sedangkan jamaah haji yang meninggal dunia, masih tercatat sebanyak tiga orang, antara lain: Khairil Abbas Salim dari Batam Mudjahid Damanhuri Mangun dari Solo, dan Sumiyatun Suwikromo Sutardjan dari Solo. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.