Sebanyak 50 Ribu Jamaah Shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa

, MINA – Puluhan ribu kaum muslimin menunaikan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa Mubarak, Kota Al-Quds, .

Badan Wakaf Islam di Al-Quds menginformasikan, lebih dari 50 ribu kaum muslimin berhasil hadir ke Al-Aqsa, dan menunaikan shalat di pelataran dan mushala komplek kiblat pertama dalam Islam tersebut.

Sejak Jumat pagi, ribuan kaum muslimin dari Al-Quds dan wilayah Palestina 48 tiba di Masjid Al-Aqsa untuk shalat di sana, Pusat Informasi Palestina melaporkannya.

Kaum muslimin menunaikan shalat subuh di Masjidil Aqsha, yang diimami Syaikh Yusuf Abu Sneinah.

Pasukan Israel menerapkan prosedur militer di kota Al-Quds terjajah, dan menghambat kehadiran warga Palestina dari sejumlah kota Tepi Barat menuju Masjidil Aqsa.

Khutbah Jumat

Khatib shalat Jumat di Al-Aqsa Syaikh Ismail Nawahida mengatakan, akan datang suatu hari, di mana Al-Quds dan Palestina membuat gembira hati orang-orang beriman.

Nawahida menyampaikan apresiasi atas kehadiran para jamaah di bumi yang berkah ini, kesiagaan di Baitul Maqdis dan shalat di Masjidil Aqsa.

Khatib Al-Aqsa menyeru kepada segenap warga Al-Quds untuk bersiaga dan berjuang meraih keridhaan Allah, hingga Allah menghilangkan ujian ini dalam waktu dengan ijin Allah.

Sebelumnya, Hamas menyerukan kepada segenap warga Palestina dimanapun berada, untuk berpartisipasi luas dalam Subuh Akbar hari Jumat (Al-Quds Janji Umat), dengan mengintensifkan kehadiran ke Masjidil Aqsa, bersiaga dan Itikaf, mendukung warga Al-Quds menghadapi teror zionis dan kelompok yahudi.

Hamas menegaskan, Al-Quds dan Al-Aqsa merupakan inti konflik dengan musuh zionis, karena itu tanggung jawab membela dan melindunginya berada di pundak seluruh umat, dari ancaman yahudisasi.

Hamas mengapresiasi pengorbanan dan perjuangan warga di Al-Quds dan seluruh Palestina, dalam upaya mereka berkelanjutan menghadapi penjajah, dan partisipasi aktif dalam aksi Subuh Akbar, yang diharapkan berlanjut untuk membela Al-Quds dan Al-Aqsa.

Selain itu, Hamas menyerukan kepada bangsa Arab dan umat Islam untuk bergerak mendukung perjuangan warga Al-Quds, melindungi kota suci dan Masjidil Aqsa dari ancaman zionis dan konspirasi yahudisasi. (T/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.