SEBANYAK 77.224 PENDAFTAR IKUTI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI ISLAM NEGERI

Dirjen Pendis Kamaruddin Amindi
Dirjen Pendis Kamaruddin Amindi. (Foto: )

Jakarta, 1 Ramadhan 1436/18 Juni 2015 (MINA) – Sebanyak 77.224 pendaftar ikuti ujian masuk di  55  Keagamaan Islam Negeri () di seluruh Indonesia yang akan berlangsung selama dua hari mulai dari 23-24 Juni 2015 mendatang.

“UM-PTKIN akan diikuti 77.224 pendaftar,” kata Dirjen Pendis Kamaruddin Amindi Jakarta, Kamis (18/6).

Ikut mendampingi, Sesditjen Ishom Yusqi dan  Direktur Diktis Amsal Bachtiar, demikian siaran pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kamaruddin menjelaskan, UM-PTKIN adalah salah satu jalur masuk ke PTKIN selain ada juga jalur yang disebut sebagai SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dilaksanakan bersama Kemenristekdikti, serta ada juga ujian masuk mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTKIN.

Berdasarkan dari data mutakhir, menurut Kamaruddin, UM-PTKIN mengalami peningkatan secara signifikan dari segi jumlah pendaftar, ini terlihat dari jumlah pendaftar pada tahun 2015 naik sekitar 10 persen dibandingkan pada tahun 2014.

“Ini menunjukkan eksistensi PTKIN bukan lagi sebagai perguruan tinggi kelas dua, tapi sudah menjadi pilihan utama masyarakat,” ucap Kamaruddin.

Melalui program 5.000 Doktor, menurut Amin, memberikan peluang bagi dosen-dosen untuk melakukan penelitian baik dalam dan luar negeri, ini memungkinkan akan membuka jalan besar dan peluang bagi bangsa Indonesia untuk dapat mencapai cita-citanya menjadikan sebagai bangsa yang menjadi kiblat pendidikan Islam dunia. (T/P010/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0