SEBANYAK 806 PETUGAS HAJI 2015/1436 SELESAI IKUTI PELATIHAN

(Foto: Kemenag)
(Foto: Kemenag)

Jakarta, 25 Sya’ban 1436/12 Juni 2015 (MINA) – Sebanyak 806 peserta Jumat selesai mengikuti Pembekalan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1436H/2015M yang berlangsung sejak Rabu (03/6) lalu.

Pembekalan PPIH diikuti oleh 806 peserta terdiri dari unsur-unsur Kementerian Agama, Kemenkes, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya ini, ditutup secara resmi oleh Sekjen Kemenag Nur Syam.

PPIH ini nantinya akan menjalankan tugas memberikan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan kepada jamaah haji Indonesia.

Secara umum, tugas mereka dikelompokan menjadi dua, pelayanan umum dan pelayanan kesehatan. Pelayanan umum itu sendiri mecakup akomodasi, transportasi, katering, keamanan, dan bimbingan ibadah, demikian laporan Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebagai penegasan akan janji dalam bertugas, sebelum ditutup, para peserta membacakan  komitmen PPIH Arab Saudi 1436H/2015M terlebih dahulu. Berikut ini komitmen PPIH Arab Saudi 1436H/2015M:

“Saya Petugas Haji PPIH Arab Saudi Tahun 1436H/2015M, berjanji dengan sepenuh hati untuk selalu siap menjadi pelayan tamu-tamu Allah (jamaah haji Indonesia) dengan bekerja keras sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.”

Saya berkomitmen: 1. Melayani jamaah dengan ramah, sabar, jujur, dan ikhlas; 2. Melayani jamaah dengan sepenuh hati, tanpa pamrih, berpenampilan rapih dan bersih; 3. Melayani kebutuhan jamaah dengan tanggap, cepat, tepat, dan teliti.

4. Membina jamaah secara berkualitas, professional, dan berakhlakul karimah; 5. Membina jamaah agar mampu mandiri dan kreatif; 6. Membangun kebersamaan antara petugas dan jamaah serta berlaku adil; 7. Memberikan rasa aman kepada jamaah dalam setiap pelaksanaan ibadah dan kegiatan; 8. Menegakan disiplin, mematuhi SOP dan peraturan lainnya; dan 9. Menjunjung tinggi harkat dan martabat Negara Kesatuan Republik Indonesia

“Saudara sudah mengucapkan janji, komitmen, dan ikrar. Sebelum saudara mengucapkan janji itu, saudara lebih dahulu membaca syahadat. Saudara bersksi di hadapan Alllah dan Rasulullah. Itu adalah baiat, maka saudara-saudara sekalian terikat dengan apa yang diucapkan,” pesan Sekjen Nur Syam saat memberikan sambutan penutupan.

“Ini tidak main-main. Saudara telah berbaiat untuk menjadi petugas yang baik. Mudah-mudahan janji yang sudah diucapkan, komitmen yang ingin dibangun, ikrar yang sudah dimantapkan mudah-mudahan tidak dilupakan, mulai sekarang sampai nanti kembali ke Tanah Air,” harapnya. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=267567

 

Comments: 0