SEBELAS FASILITAS PENDIDIKAN DI GAZA SELESAI DIRENOVASI

Para pejabat dengan anak sekolah Palestina
Para pejabat dengan anak sekolah Palestina

Doha, 6 Muharram 1437/ 20 Oktober 2015 (MINA) – Dana Pembangunan Qatar (QDF), Al Fakhoora dan UNDP / Program Bantuan untuk rakyat Palestina telah mengumumkan selesainya rehabilitasi dari 11 fasilitas pendidikan di Jalur Gaza.

Proyek ini adalah  paket rehabilitasi pertama yang meliputi tiga sekolah swasta, lima pusat pelatihan dan tiga universitas. Demikian thepeninsulaqatarnews yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Diperkirakan ribuan siswa , termasuk 2.357 siswa perempuan, akan mendapatkan manfaat dari akses fasilitas yang direnovasi. Rekonstruksi termasuk rehabilitasi ruang kelas, penggantian struktur yang rusak seperti gudang, ubin, lukisan dan instalasi sel surya.

Baca Juga:  Laporan Militer: 6 Tentara Israel Terluka Dalam 24 Jam Terakhir

Al Fakhoora adalah program Pendidikan Above All Foundation (EAA) untuk menyediakan fasilitas pendidikan bagi anak Palestina.

EAA bekerja dalam kemitraan dengan LSM lokal dan internasional di Gaza, Al Fakhoora, kegiatannya  berfokus pada beasiswa dan pemberdayaan program, rekonstruksi dan rehabilitasi fasilitas pendidikan dan memberikan dukungan psikososial.

Al Fakhooraa mendapat bantuan dana dari Qatar dalam program 21 juta Dolar AS untuk Hak Program Pendidikan,  merekonstruksi dan merehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak dan hancur akibat  serangan Israel di Gaza tahun 2014.

Melalui program tersebut, lebih dari 600.000 anak Palestina dan pemuda akan kembali akses ke pendidikan berkualitas di lingkungan belajar yang inklusif dan ramah anak. Hak Program Pendidikan akan memberikan lebih dari 200 ruang kelas baru dibangun dan mendukung pembangunan kembali empat sekolah hancur selama 51 hari agresi di Gaza.

Baca Juga:  Militer Israel Akui Tidak Tercapai Kalahkan Hamas

Rehabilitasi dan rekonstruksi bekerja untuk 19 sekolah dasar dan menengah yang rusak, 10 universitas dan lima pusat pelatihan juga berlangsung.

Menurut statistik, lebih dari 200 sekolah tambahan diperlukan, dan 190 lain pada tahun 2020 untuk memenuhi peningkatan jumlah siswa tahunan.(T/hna/P2 )

http://thepeninsulaqatar.com/news/qatar/355615/11-educational-facilities-renovated-in-gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Para pejabat dengan anak sekolah Palestina
Para pejabat dengan anak sekolah Palestina

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0