SEDIKITNYA 1.100 ORANG TEWAS AKIBAT KEKERASAN DI IRAK PADA FEBRUARI

Angka Terbaru Tindakan Kekerasan di Irak (Foto : Press Tv)
Angka Terbaru Tindakan (Foto : Press Tv)

Baghdad, 11 Jumadil Awwal 1436/2 Maret 2015 (MINA) – Angka terbaru dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa () menunjukkan tindakan kekerasan yang sedang berlangsung hingga merenggut nyawa lebih dari 1.100 orang di pada Februari.

Dalam pernyataan Misi Bantuan PBB untuk Irak (The United Nations Assistance Mission for Iraq / UNAMI), melaporkan,  Ahad (1/3) bahwa sedikitnya 611 warga sipil termasuk di antara 1.103 orang yang tewas pada Februari. Sisanya adalah anggota pasukan keamanan, demikian laporan Press Tv diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lanjut UNAMI mengatakan, sedikitnya 2.280 orang, termasuk 1.353 warga sipil, terluka di Irak bulan lalu,  Baghdad dilanda aksi kekerasan sekitar 329 orang tewas dan 875 luka-luka.

PBB juga melaporkan, Januari korban tewas sedikitnya 1.375, termasuk beberapa warga sipil 790. Angka-angka diberikan oleh PBB tidak termasuk jumlah korban tewas di wilayah tersebut yang dieksekusi oleh kelompok .

Utusan khusus PBB untuk Irak, Nickolay Mladenov, mengatakan bahwa erangan yang dilakukan oleh ISIS sengaja menargetkan semua warga Irak.

Laporan lain menyebutkn, sejumlah pembunuhan balas dendam oleh kelompok-kelompok bersenjata baru-baru ini dibebaskan ISIS.

Pejabat PBB menyerukan perlunya persatuan di kalangan para pemimpin Irak, sedangkan solusi militer untuk masalah ISIS sedapat mungkin dihindarkan.

Laporan tersebut terjadi sehari setelah dua serangan bom mobil mematikan, hingga menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai sekitar 70 lainnya di provinsi Irak timur, Diyala dan kota Samarra di Salahuddin wilayah utara negara itu.

Menurut UNAMI, tahun lalu merupakan yang paling mematikan di Irak sejak 2006-2007, dengan total 12.282 orang tewas dan 23.126 terluka.

Kelompok ISIS mulai kampanye di Irak pada awal Juni 2014. Para militan bersenjata berat menguasai kota Mosul sebelum mengusai jantung kota negara itu.

Tentara Irak, satuan polisi, pasukan Kurdi, Syiah dan relawan suku Sunni baru-baru ini berhasil mengusir kelompok ISIS dari beberapa daerah di Irak. (T/P002/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0