Sedikitnya 9.300 Warga Palestina Masih Ditahan di Penjara Zionis Israel

Ilustrasi tahanan Palestina di penjara Zionis Israel.(Foto: WAFA)

Ramallah, MINA – Sebanyak 9.300 warga Palestina saat ini masih ditahan di penjara dan pusat penahanan Zionis Israel, demikian menurut laporan Masyarakat Tahanan Palestina (PPS).

PPS mengatakan dalam pernyataan persnya dilaporkan WAFA, Ahad (16/7), saat ini terdapat 9.300 tahanan Palestina di penjara dan pusat penahanan Zionis Israel, termasuk sekitar 250 tahanan anak-anak dan 75 tahanan perempuan.

Lembaga tersebut menambahkan, jumlah ini termasuk tahanan yang ditahan dari Jalur Gaza, yang diperkirakan berjumlah ribuan.

Layanan Penjara pendudukan Zionis Israel telah mengumumkan bahwa 899 warga Palestina dari Gaza ditahan Israel yang mereka klaim sebagai kombatan yang melanggar hukum.

Mengenai tahanan administratif, PPS mengatakan bahwa lebih dari 3.400 warga Palestina saat ini ditempatkan di bawah “penahanan administratif”.

Baca Juga:  Israel Serang Gaza Saat Netanyahu Sebut “Fase Intens” Reda

Hal tersebut mengizinkan penahanan warga Palestina tanpa dakwaan atau pengadilan dalam jangka waktu yang dapat diperpanjang antara tiga dan enam bulan, berdasarkan bukti yang dirahasiakan. Bahkan pengacara tahanan pun dilarang untuk melihatnya.

Di antara 3.400 warga Palestina yang ditempatkan di bawah penahanan administratif, terdapat sekitar 600 tahanan yang menjalani hukuman seumur hidup atau otoritas pendudukan Zionis berniat menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap mereka.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi