Segera Gelar Pemilu, Sukamta: Indonesia Perlu Bantu Palestina

Jakarta, MINA – Anggota Komisi 1 DPR RI menyatakan, pihaknya menyambut baik rencana pesta demokrasi di pertengahan tahun ini. Hal itu akan menjadi momentum yang sangat berharga bagi Palestina untuk mewujudkan cita-cita .

“Sudah lebih dari 14 tahun Palestina alami pertikaian politik antara kubu Hamas dan Fatah sebagai imbas hasil 2006 yang dimenangkan Hamas. Rencana pemilu yang akan digelar tahun ini akan jadi babak baru merajut persatuan nasional,” kata Sukamta dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (21/1).

“Ini momen yang tidak hanya dirindukan oleh rakyat Palestina, kita Bangsa juga sangat berharap faksi-faksi yang bertikai di Palestina bisa segera bersatu. Tanpa persatuan tentu akan lebih sulit mewujudkan kemerdekaan yang dicita-citakan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menyatakan bakal menggelar pemilihan umum parlemen dan presiden pada tahun ini. Pemilihan legislatif rencana digelar pada 22 Mei. Sementara pemilihan presiden pada 31 Juli mendatang. Adapun pemilihan anggota Dewan Nasional Palestina direncanakan pada 31 Agustus 2021.

Wakil Ketua Fraksi ini berharap pemerintah RI perlu segera mendorong proses rekonsiliasi faksi-faksi yang bertikai di Palestina. Sebab, Indonesia punya pengalaman untuk mendamaikan beberapa konflik di dunia.

“Sementara sikap Indonesia hingga saat ini tetap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dan menolak hubungan diplomatik dengan Israel. Saya yakin dengan posisi Indonesia yang konsisten hingga hari ini, faksi-faksi di Palestina tentu akan menerima ajakan Indonesia untuk diadakan forum rekonsiliasi,” katanya.

Menurutnya, rencana pemilu Palestina akan berada dalam situasi politik regional yang pelik karena beberapa negara teluk seperti Uni Emirat Arab, Bahrain dan Oman membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Maka, Palestina memerlukan dukungan yang lebih besar dari negara-negara lain yang masih komit mendukung kemerdekaan Palestina.

“Komitmen Presiden Jokowi yang kerap disampaikan untuk wujudkan kemerdekaan Palestina perlu dihadirkan dalam agenda nyata. Momentum hadapi pemilu palestina kali ini bisa menjadi pintu masuk bagi Indonesia ikut terlibat secara aktif mendorong proses persatuan nasional Palestina. Bu Menlu bisa segera melakukan komunikasi untuk menawarkan maksud baik Indonesia memfasilitasi proses rekonsiliasi,” katanya. (L/R2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.