Sejumlah Besar Senjata Brigade Al-Qassam Berasal dari Tentara Israel

Gaza, MINA – Berdasarkan laporan sumber New York Times pada Ahad (28/1), sejumlah besar senjata yang digunakan oleh Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Perlawanan Palestina Hamas, potensial berasal dari tentara Israel sendiri.

“Hamas telah mampu membuat banyak roket dan persenjataan anti-tank dari ribuan amunisi yang gagal meledak ketika Israel melemparkannya ke Gaza, sejumlah besar berasal dari tentara Israel sendiri,” tulis New York Times, demikian keterangan tang dikutip MINA.

Laporan itu mengulas kemungkinan-kemungkinan asal usul senjata yang digunakan sayap militer Hamas hingga mampu bertahan dalam perlawanannya menghadapi agresi skala besar Israel di Gaza sejauh ini

Menurut laporan tersebut, data intelijen yang dikumpulkan oleh para ahli senjata, pejabat Israel dan Barat telah mengungkapkan kalau Brigade Al Qassam mendapat persenjataan dari amunisi IDF yang gagal meledak di Gaza.

Baca Juga:  Al-Qassam Tewaskan 15 Tentara Zionis di Timur Rafah

“Yang jelas sekarang adalah senjata yang digunakan pasukan Israel untuk menegakkan blokade Gaza selama 17 tahun terakhir kini digunakan untuk melawan mereka,” kata laporan itu.

Laporan The New York Times mengutip Michael Cardash, mantan wakil kepala Divisi Penjinak Bom Polisi Nasional Israel dan seorang konsultan polisi Israel, yang mengatakan  “persenjataan yang tidak meledak adalah sumber utama bahan peledak bagi Hamas”.

Selain itu, “Pemerintah Israel juga tahu bahwa gudang senjata mereka rentan terhadap pencurian.”

Menurut New York Times, ribuan amunisi dan granat “dicuri dari pangkalan yang tidak dijaga dengan baik” dan dikirim ke Tepi Barat dan Gaza “melalui Sinai”. (T/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)