Sejumlah Ruas Jalan Ditutup Selama Karnaval Jakarta Langit Biru

, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengadakan ‘Karnaval ’ di Jalan Jenderal hari ini, Ahad (27/10) pukul 14.00-18.00 WIB, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 pada tanggal 28 Oktober 2018.

Karnaval ini digelar dalam rangka untuk kampanye kendaraan ramah lingkungan dalam mengatasi masalah polusi udara. Hal ini sesuai instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta no 98 tahun 2019, tentang Penyelenggaraan Karnaval Jakarta Langit Biru.

“Dalam rangka mengampanyekan penggunaan kendaraan berbasis energi ramah lingkungan, sebagai upaya mengurangi polusi udara di Kota Jakarta, akan diselenggarakan Karnaval Langir Biru,” kata Sekda DKI Jakarta Saefullah dalam keterangannya, Sabtu (26/10).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan bahwa karnaval akan dimulai pada pukul 11.00 WIB di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Acara ini mengambil rute dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) sampai Bundaran Senayan.

“Karnaval Jakarta Langit Biru 2019 akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 27 Oktober 2019, mulai pukul 11.00-20.00 WIB, akan dilakukan penutupan ruas jalan sekitar lokasi kegiatan,” kata Syafrin.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dibantu Dishub Pemprov DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas saat karnaval berlangsung. Berikut ruas jalan yang ditutup:

  1. Jalan Sisingamangaraja sisi barat, dari simpang Jalan Sisingamangaraja-Jalan Raden Patah II sampai Bundaran Senayan.
  2. Jalan Jenderal Sudirman sisi timur, dari simpang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Senopati sampai Bundaran Senayan.
  3. Jalan Patimura, dari simpang Jalan Patimura-Jalan Senopati sampai Bundaran Senayan.
  4. Jalan Hang Lekir I sisi utara, dari simpang Jalan Asia Afrika-Hang Kelir I sampai Bundaran Senayan.
  5. Simpang Jalan Hang Tuah 3-Jalan Pakubuwono VI-Jalan Hang Lekir 9 dengan Jalan Sisingamangaraja.

Pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan:

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Sisingamangaraja yang akan menuju ke Bundaran Senayan dialihkan belok kiri ke Jalan Hang Tuah VII.
  2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman yang akan menuju Bundaran Senayan dialihkan belok kiri ke Jalan Senopati.
  3. Arus lalu lintas dari Jalan Patimura yang akan menuju Bundaran Senayan diarahkan untuk putar balik.
  4. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika yang akan menuju ke Bundaran Senayan dialihkan belok kanan ke Jalan Hang Lekir I.
  5. Arus lalu lintas dari simpang Jalan Hang Tuah 3-Jalan Pakubuwono 9-Jalan Hang Lekir 9 menuju ke Jalan Sisingamangaraja diarahkan untuk putar balik.

Rencana pengalihan rute TransJakarta:

  1. Transjakarta rute Blok M-Kota: setelah keluar Halte Masjid Agung, bus diarahkan untuk belok kiri ke Jalan Pakubuwono VI-Jalan Hang Lekir-Jalan Hang Lekir 1-Jalan Asia Afrika-Jalan Pintu Satu Senayan-Jalan Jenderal Sudirman.
  2. Transjakarta rute Kota-Blok M: seteleh keluar Halte Gelora Bung Karno, bus diarahkan untuk belok kiri ke Jalan Senopati-Jalan Patimura-belok kanan ke Jalan Trunojoyo-belok kiri ke Jalan Panglima Polim. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.