Sekitar 13-20% Pasukan AS Telah Ditarik dari Afghanistan

Kabul, MINA – Penarikan dari sejak September telah mencapai angka 13-20%, Komando Pusat (CENTCOM) menyatakan pada hari Selasa (18/5).

Ditambahkan bahwa bahwa lima fasilitas militer telah diserahkan kepada pasukan Afghanistan, sekitar 115 pesawat kargo C-17  telah dikirim ke luar negeri, dan 5.000 peralatan telah ditandai untuk dihancurkan, kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan, Anadolu Agency melaporkan.

AS sengaja tidak memberikan persentase yang tepat dari angka penarikan karena masalah keamanan, hanya menyebut 13-20%.

Presiden AS menetapkan batas waktu 11 September 2021 bagi semua pasukan AS untuk ditarik dari Afghanistan, setelah berperang hampir 20 tahun yang telah menelan biaya sekitar USD 2,2 triliun dan mengakibatkan tewasnya sekitar 2.400 personil militer, menurut Cost of War Project di Brown University.

AS menyerbu Afghanistan setelah pemboman yang mengejutkan terhadap Menara Kembar di Kota New York, lambang keunggulan perekonomian negara itu. Dengan dalih menguber otak pelaku serangan tersebut.

CENTCOM mengatakan pihaknya akan memberikan informasi  pekanan terkini tentang penarikan pasukan AS dari Afghanistan. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)