Sekitar 23 Ribu Kaum Muslimin Tunaikan Shalat Jumat di Al-Aqsha

, MINA – Sekitar 23 ribu kaum muslimin menunaikan shalat Jumat di Masjidi Al-Aqsha , Jumat (26/3), di tengah prosedur militer ketat yang diberlakukan Otoritas Pendudukan Israel.

Departemen wakaf Islam di Al-Quds mengatakan, sekitar 23 ribu kaum muslimin menunaikan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsha al Mubarak.

Pusat Informasi Palestina melaporkan, pasukan kepolisian Israel bertebaran di sejumlah pintu masuk al-Aqsha dan kota tua al-Quds, terutama di kawasan gerbang Amod, mereka memeriksa identitas warga yang hendak masuk secara teliti.

Kaum muslimin berdatangan sejak sebelum subuh, untuk menunaikan shalat subuh berjamaah, mereka berasal dari Kota Al-Quds dan kawasan Palestina 48, merespon seruan Subuh Akbar di Masjid Al-Aqsha

Otoritas Pendudukan Israel terus berupaya mengambil kendali Masjid Al-Aqsha, lewat serangkaian kebijakan ironis, mempersulit kaum muslimin masuk ke Al-Aqsha, dan di sisi lain memudahkan kaum Yahudi memasukinya.

Hampir setiap hari kaum Yahudi diijinkan masuk ke kawasan komplek Masjid Al-Aqsha, di waktu pagi dan siang. Secara berkelompok mereka memasuki Al-Aqsha lewat pintu gerbang khusus yang berada dalam kendali Israel, yaitu pintu gerbang Al-Magharibah.

Sementara itu, pasukan Israel memberikan pengamanan bagi kaum Yahudi, untuk melakukan ritual Talmud di kawasan pelataran Masjid Al-Aqsha.

Kebijakan serupa berhasil dilakukan otoritas Israel untuk menguasai Masjid Ibrahimi di kota Hebron, yang saat ini dibagi dua untuk kaum Yahudi dan kaum muslimin. Sebuah penodaan nyata terhadap kesucian masjid dan pelanggaran terhadap norma dan HAM.(T/R1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.