Sekjen Kemenag Pantau UNBK di MTsN 9 Johar Baru

Sekjen Kemenag Nur Syam tinjau pelaksanaan di MTsN 9 Johar Baru Jakarta. (Foto: Ismail/Kemenag)

Jakarta, 6 Sya’ban 1438/2 Mei 2017 (MINA) – Ujian Nasional tingkat mulai digelar hari ini hingga 8 Mei mendatang. Sekertaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nur Syam memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MTsN 9 Johar Baru, Jakarta, Selasa (2/5).

Didampingi Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman serta Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Basnang Said, Nur Syam melihat langsung terobosan dan kesiapan madrasah dalam penyelenggaraan UNBK. Nur Syam mengapresiasi kesiapan MTsN 9 Johar Baru untuk menyelenggarakan UNBK dan berharap hal itu bisa diikuti madrasah lainnya.

Lebih dari itu, sebagaimana laman Kemenag yang dikutip MINA, Nur Syam berharap madrasah ke depan bisa membuat program dan terobosan baru yang inovatif dan terukur.

Sejak 2015, Pemerintah menyelenggarakan dua jenis UN untuk siswa sekolah dan madrasah di Tanah Air, yaitu: Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kalau UNKP dilakukan secara manual sebagaimana ujian selama ini, UNBK dilakukan secara online/semi online dengan menggunakan perangkat komputer.

UNBK tahun ajaran 2014/2015 hanya diikuti oleh dua madrasah saja. Sedangkan pada tahun pelajaran 2015/2016, UNBK diikuti 69 MTs. Tahun ini, terdapat 2.050 Lembaga Madrasah Tsanawiyah dengan total 206.285 peserta didik yang akan melaksanakan ujian berbasis komputer.

UNBK tahun ini diselenggarakan di 465 MTsN dengan 97.281 peserta didik dan 1.585 MTsS dengan 109.004 peserta didik.(T/R09/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.