Sekjen. Liga Muslim Dunia Akan Bahas Hidup Berdampingan Secara Damai

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Dr. Muhammad bin Abdulkarim Al-Issa.(Foto: Ajel News)

Jeddah, MINA – Persatuan Kantor-kantor Berita Organisasi Kerja Sama Islam (Union of OIC News Agencies/ UNA) akan menghadirkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dunia atau Rabithah Alam Islami (Muslim World League) Dr. Muhammad bin Abdulkarim Al-Issa, pada hari Kamis (20/8) melalui sebuah konferensi video.

Kehadiran Sekjen dalam rangka pelaksanaan Forum Media Kedua dari badan khusus bidang media Organisasi Kerja Sama Islam () itu, demikian keterangan pers yang diterima MINA, Rabu (19/8).

Syaikh Al-Issa akan berbicara dengan tema mengkonsolidasikan cara hidup berdampingan dan harmoni di antara pengikut agama dan budaya.

Ia juga akan menyoroti upaya Liga Muslim Dunia untuk mendukung dan mengkonsolidasikan dialog dan kerja sama antar negara-negara Muslim, di samping meningkatkan stereotip Islam dan Muslim

Forum tersebut akan diadakan di hadapan perwakilan dari kantor berita nasional dari negara-negara anggota OKI dan pejabat senior OKI, serta berbagai organnya. Hadir juga para menteri dan pemangku kepentingan dari dunia Islam.

Forum akan menampilkan debat terbuka untuk menjawab pertanyaan paling umum tentang koeksistensi dan dialog antar budaya.

UNA memiliki beberapa tujuan utama, seperti, mendorong masyarakat Muslim untuk memiliki kesadaran akan isu-isu politik, ekonomi dan sosial, memelihara dan melindungi warisan budaya Islam, menguatkan hubungan di antara negara-negara anggota, serta mendorong pembahasan isu-isu dunia Islam terutama mengenai masalah Palestina dan Yerusalem.

UNA yang sebelumnya bernama Kantor Berita Islam Internasional (IINA) didirikan berdasarkan resolusi yang dikeluarkan oleh Sidang Ketiga Konferensi Para Menteri Luar Negeri OKI di Jeddah pada 1972. Kini, UNA beranggotakan 57 kantor berita dari negara anggota OKI.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)