Sekjen OKI Serukan Gencatan Senjata di Suriah selama Ramadhan

Jeddah, 1 Ramadhan 1437/6 Juni 2016 (MINA) – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama () Iyad Ameen Madani menyerukan gencatan senjata di seluruh wilayah pada kesempatan bulan suci Ramadhan ini.

Dia membuat seruan itu untuk membendung pertumpahan darah di Suriah, meringankan penderitaan dan nasib rakyat Suriah, dan membuat jalan bagi organisasi-organisasi bantuan untuk memberikan bantuan kemanusiaan mendesak bagi orang-orang yang terkena dampak di seluruh negera tersebut.

Madani mengimbau semua pihak serta aktor regional dan internasional yang peduli dengan krisis Suriah untuk mendukung seruan ini, dan memberikan tekanan pada pemerintah Suriah. Demikian IINA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

“Semua pihak yang bertikai di Suriah diserukan untuk menyatakan gencatan senjata yang akan menghentikan semua operasi militer    dan meletakkan untuk gencatan senjata permanen. Dengan demikian membuka jalan bagi kembalinya semua pihak mengikuti perundingan perdamaian, dengan tujuan mencapai perjanjian damai yang komprehensif untuk mengakhiri konflik bersenjata di Suriah,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal menambahkan bahwa munculnya bulan suci adalah kesempatan keagamaan penting dengan simbolisme. Ini juga merupakan kesempatan untuk penolakan kekerasan dan penegasan kembali nilai-nilai toleran dan prinsip-prinsip Islam, sebagai agama rahmat, kerjasama dan solidaritas di kalangan umat Islam, serta kesatuan dunia dan berusaha untuk menyelesaikan perbedaan secara damai. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.