Sekjen PBB: Hampir 1 Juta Pengungsi Rohingya Kondisi Hidupnya Mengerikan

New York, MINA – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan, saat ini hampir satu juta pengungsi terus hidup dalam kondisi yang mengerikan.

“Hari ini menandai empat tahun sejak awal masuknya pengungsi besar-besaran orang Rohingya dan komunitas lain dari Negara Bagian Rakhine Myanmar ke Bangladesh,” kata dalam sebuah pernyataan pada ulang tahun keempat masuknya pengungsi Rohingya dari Myanmar ke Bangladesh, yang dikeluarkan pada Rabu (25/8), Medcom.id melaporkan.

Dia menyerukan tindakan segera untuk membantu membawa kemajuan yang berarti dalam menciptakan kondisi bagi pemulangan pengungsi yang aman, sukarela, bermartabat dan berkelanjutan ke Myanmar.

Menurutnya, penting mengatasi akar penyebab diskriminasi sistematis, pencabutan hak dan kekerasan komunal di Myanmar sangat penting.

Dia juga meminta masyarakat internasional untuk terus bertindak dalam solidaritas dengan pengungsi Rohingya, serta dengan Pemerintah dan rakyat Bangladesh, yang menampung mereka.

“PBB tetap berkomitmen untuk melanjutkan dukungan aktif. Penderitaan Rohingya tidak boleh menjadi krisis yang terlupakan,” pungkasnya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.