Sekjen PBB: Lebih dari 21 Juta Jiwa Rakyat Yaman Membutuhkan Bantuan dan Perlindungan

Pengungsi wanita Yaman di Kamp Markazi di Djibouti. (Foto: dok. IB Times)

Jenewa, MINA – Lebih dari 21 juta jiwa, dua dari tiga anak, perempuan, dan laki-laki  membutuhkan bantuan dan perlindungan, kata Sekretaris Jenderal PBB .

Guterres berbicara pada sebuah konferensi di Jenewa, yang diselenggarakan oleh Swiss dan Swedia,  di mana dana sebesar $4,3 miliar diajukan untuk mendukung orang-orang yang paling rentan di Yaman. Anadolu melaporkan, Senin (27/2).

“Kami mengakhiri tahun lalu dengan harapan untuk masa depan Yaman. Setelah bertahun-tahun kematian, pemindahan, kehancuran, kelaparan, dan penderitaan, gencatan senjata memberikan keuntungan nyata bagi orang-orang,” kata Guterres.

Dia mengatakan penerbangan sipil dilanjutkan dari ibukota Yaman, Sanaa, dan pasokan penting tiba melalui pelabuhan Hudaydah.

“Tapi gencatan senjata itu berakhir hanya setelah enam bulan,” kata Sekjen PBB, mencatat bahwa ekonomi Yaman berada dalam kesulitan besar dan layanan penting berisiko runtuh.

“Dan kebutuhan kemanusiaan terus melonjak sementara akses terbatas, pendanaan terus-menerus berkurang,” tambahnya.

Secara terpisah, Komite (ICRC) mengatakan meskipun tahun 2022 menyaksikan beberapa perkembangan yang menjanjikan di Yaman, konfliknya memasuki tahun kedelapan tanpa resolusi jangka panjang yang jelas.

ICRC mengatakan meskipun ada gencatan senjata selama berbulan-bulan, Yaman tetap berada dalam situasi genting, dengan infrastruktur penting yang compang-camping dan dua pertiga rakyatnya terkuras seluruhnya oleh kurangnya akses ke kebutuhan dasar.

Perkembangan yang mengkhawatirkan

Kekurangan dana berisiko meningkatkan kesengsaraan kemanusiaan Yaman dari buruk menjadi lebih buruk, kata Palang Merah.

“Untuk pertama kalinya dalam 11 tahun, operasi Komite Palang Merah Internasional dan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional di Yaman kekurangan dana tahun lalu,” kata Robert Mardini, Direktur Jenderal ICRC.

“Ini adalah perkembangan yang mengkhawatirkan, yang jika tidak dibalik, akan merusak kemajuan aksi kemanusiaan yang netral dan tidak memihak,” tambah Mardini.

Palang Merah mengatakan 21,6 juta orang di Yaman membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

Dikatakan banyak keluarga sekarang menjual harta benda yang tersisa untuk membeli makanan. Pendidikan telah terganggu bagi jutaan anak, dan 4 juta orang masih mengungsi.

ICRC mengatakan efek langsung dari perubahan iklim sangat jelas, karena pada tahun 2022 terjadi kekeringan yang berkepanjangan diikuti oleh banjir besar yang semakin menguras mekanisme penanggulangan yang tersisa.

“Setiap tahun yang berlalu tanpa resolusi politik membuat pemulihan dari konflik semakin sulit. Bahkan jika penyelesaian yang tahan lama tercapai, kebutuhan kemanusiaan akan tetap tinggi selama bertahun-tahun,” kata Mardini.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa. (T/R7/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.