Sekjen PBB “Mimpi” Kembali Lagi ke Gaza

Antonio Guterres. (Foto: UN Geneva/Flickr)

, MINA – Dalam kunjungan perdananya ke Jalur Gaza, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres “bermimpi” untuk kembali lagi ke wilayah terblokade itu suatu hari nanti.

“(Saya bermimpi) kembali ke Gaza suatu hari untuk melihat Gaza sebagai bagian dari negara Palestina dalam kedamaian dan kemakmuran,” kata Guterres di sebuah sekolah dasar yang didukung PBB di Jalur Gaza utara, Rabu (30/8). Demikian Miami Herald memberitakan yang dikutip MINA.

Bersama kunjungannya, Guterres mengajukan bantuan kemanusiaan skala besar ke Gaza dan memerintahkan pencairan segera dana bantuan darurat sebesar US$4 juta.

Sebelum tiba di Gaza, dia melakukan tur helikopter ke perbatasan Israel-Gaza bersama pejabat Israel, mengunjungi sebuah terowongan yang digali Hamas ke Israel.

Ia pun bertemu dengan penduduk setempat yang tinggal di sepanjang garis depan wilayah yang tiga kali mendapat serangan besar dari militer Israel itu.

Kunjungan Guterres ke wilayah itu dilakukan setelah ia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin dan Perdanan Menteri Palestina Rami Hamdallah hari Selasa.

Kunjungan pertamanya ke Israel dan Palestina sejak ia menjabat pimpinan PBB tahun lalu tersebut, bertujuan untuk menghidupkan kembali perundingan damai antara Palestina dan Israel. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.