Sekjen PBB Sambut Baik Gencatan Senjata di Jalur Gaza

New York, MINA – Sekretaris Jenderal Antonio Guterres pada hari Senin (8/8) menyambut baik pengumuman gencatan senjata di Jalur Gaza antara Israel dan kelompok Jihad Islam Palestina.

Guterres juga memuji Mesir atas upaya yang dilakukan dalam koordinasi erat dengan PBB, untuk membantu memulihkan ketenangan, kata kantor Sekjen.  dalam sebuah pernyataan, Anadolu melaporkan.

Guterres juga menyampaikan belasungkawa kepada para korban serangan dan orang yang mereka cintai.

“Sekjen sangat sedih dengan hilangnya nyawa dan cedera, termasuk anak-anak, dari serangan udara di Gaza dan penembakan roket sembarangan ke Israel dari pusat populasi di Gaza oleh Jihad Islam Palestina dan kelompok militan lainnya,” tambahnya.

Ia menyerukan semua pihak untuk mematuhi gencatan senjata, serta menegaskan kembali komitmen PBB untuk pencapaian solusi dua negara berdasarkan resolusi PBB yang relevan.

Gencatan senjata yang ditengahi Mesir di Jalur Gaza antara Israel dan Jihad Islam mulai berlaku Ahad malam pukul 11.30 waktu setempat (2030GMT).

Perjanjian gencatan senjata setelah tiga hari serangan udara Israel di Gaza yang menewaskan sedikitnya 44 warga Palestina dan lebih dari 360 lainnya terluka, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.