Sekolah Inklusi Daar El-Salam Bogor Terendam, Sarana Penunjang Belajar Rusak

Bogor, MINA – Banjir yang menerjang di sebagian besar wilayah Jabodetabek awal tahun 2020 ini banyak menyebabkan fasilitas umum rusak seperti rumah, jalan dan jembatan, tak ketinggalan juga sarana pendidikan.

Salah satau sarana pendidikan yang terdampak akibat banjir ialah Sekolah Daar El Salam, Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor. Sekolah TK hingga SMA berbasis inklusi ini diterjang banjir hingga setinggi tiga meter.

“Sekolah kami juga terdampak banjir, kurang lebih tiga meter tinggi airnya,” kata Direktur Pendidikan Sekolah Daar El Salam Rafiudin kepada MINA. Ahad, (12/1/2020).

Ia mengatakan, banjir masuk ke dalam sekolahnya pada Selasa (1/1/2020) pukul 11.00 WIB, dan surut esok malam harinya. Setelah banjir surut, meninggalkan banyak sampah dan lumpur setinggi sekitar 70 hingga 80 cm.

Banjir menghanyutkan berbagai macam sarana penunjang belajar mengajar, termasuk alat-alat penunjang bagi siswa special needs. “Banyak yang rusak dan hilang, sehabis banjir surut, lumpur menggenang sampai sepinggang,” kata Rafiudin.

Ia menuturkan sejak hari pertama giat bersih-bersih sekolah, hanya ada datang bantuan dari para wali murid, juga relawan sekitar 200 orang lebih. Namun menurutnya, ini belum cukup, untuk membuat aktifitas sekolah bisa kembali normal.

Dari 200 lebih relawan yang datang membantu, mereka menyalurkan bantuan juga tenaga dalam membantu giat bersih-bersih di Sekolah Daar El Salam.

Salah satunya ialah dari Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Bekasi, yang hari Ahad ini melakukan giat bersih-bersih di sekolah tersebut.

Komandan Lapangan UAR Bekasi Akhirus Sholeh mengatakan, hari ini timnya mengerahkan sebanyak 80 personil bersama Jamaah Masjid Baitul Muttaqien Bekasi untuk membantu membersihkan Sekolah Daar El Salam dari sisa sampak dan lumpur banjir.

“Giat kami hari ini dilakukan agar Senin besok, para siswa Sekolah Daar El Salam bisa memulai kembali giar belajar mengajar,” katanya.

Tak hanya melakukan giat di sekolah tersebut, Sholeh mengatakan, personilnya juga dikerahkan untuk membantu membersihkan rumah warga di Villa Nusa Indah 2.

Ia mengatakan, timnya sendiri juga telah terjun di perumahan tersebut sejak Ahad, (06/01). Bantuan juga disalurkan di seperti pakaian layak pakai, sembako, dan paket alat kebersihan. (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)