Sekolah Insan Mandiri Sosialisasikan Project Based Quran

Cibubur, MINA – Sekolah Insan Mandiri Cibubur pada hari Kamis (8/9), menggelar acara Open Mind Project Based Quran (PBQ) untuk mensosialisasikannya kepada para peserta didik baru, di Aula Munif Chatib, Cibubur.

Manajer Akademik Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ) Ayu Agus Rianti mengatakan, acara Open Mind PBQ ini digelar untuk memberi sosialisasi kepada para siswa baru, agar nanti ketika mereka sudah masuk ke jadwal PBQ, mereka paham tujuan dari program ini.

Ia juga menjelaskan, konsep PBQ ini dibuat oleh Almarhum Munif Chatib dan saat ini sudah masuk tahun ketiga.

“Kenapa Pak Munif membuat Project Based Quran ini, beliau ingin anak-anak siswa IMC tidak hanya berhenti di tahap menerjemahkan dan menghafal tapi juga mengaplikasikan. Karena dalam sejarah kenapa Islam itu maju, sebab pada masa keemasan Islam para penghafal Quran melakukan riset, selalu ada produk baru yang bisa digunakan untuk orang banyak, nah itu yang menjadi dasar Pak Munif mau membangkitkan lagi masa keemasan Islam melalui PBQ,” kata Ayu.

Baca Juga:  WHO: Kesehatan Dimulai dari Rumah, Bukan Rumah Sakit

“Melalui acara Open Mind PBQ ini, jadi mereka tidak kosong, tidak karena dipaksa gurunya, tapi mereka sadar mereka adalah bagian untuk memajukan Islam kembali dan berperan bagi dunia, bisa betul-betul menjadi khilafah rahmatan lil ‘alamiin melalui dia belajar di IMC. Itulah mengapa PBQ menjadi program unggulan sebab belum banyak sekolah Islam yang punya program Al Quran itu betul-betul dijadikan research, di teliti, ada produknya dan produk itu bermanfaat untuk orang lain. Nah ini kita mau mulai itu,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Husein Al Attas juga menyampaikan Al Quran merupakan pedoman bagi manusia, Al Quran menjawab setiap permasalahan yang terjadi dalam kehidupan. Al Quran sangat erat kaitannya bagi kehidupan.

Baca Juga:  Israel Tangkap 20 Warga Palestina di Tepi Barat 

Namun, menurutnya terkadang kita berat untuk mempelajarinya, karena kita tidak merasa punya ikatan yang erat dengan Al Quran.

Untuk itu Ustadz Husein berpesan kepada siswa IMC, agar mereka tidak hanya menghafalkan Al Quran, tapi juga bisa mengaplikasikanya.

IMC berdiri pada Juli 2012 dengan sistem boarding school atau sekolah berasrama yang berada di Kalimanggis, Jatikarya, Jayasampurna, Bekasi.

Saat ini, sekolah Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School diperuntukan khusus bagi siswa putra, dan menjadi pionir dalam pengembangan Project Based Quran. (L/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf