Sekolah Terapkan PPK, Siswa Jadi Betah Belajar  

Kota , MINA – Setelah setahun menerapkan program Penguatan (PPK), para siswa Sekolah Dasar (SD) Inpres Fattolo Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku menjadi lebih betah belajar di sekolah.

“Anak-anak kami senang belajar di sekolah, betah berada di kelas yang tertata rapi, di lingkungan sekolah, berkat kegiatan-kegiatan yang kami buat menyenangkan,” kata Kepala Sekolah SD Inpres Fattolo, Jena Alhamid, dalam acara Bimbingan Teknis Program Penguatan Pendidikan Karakter beberapa waktu lalu di Hotel Amaris Ambon.

Dikutip dari rilis , Jena menambahkan, proses belajar mengajar di sekolahnya dibuat menyenangkan, banyak memanfaatkan sumber belajar dari lingkungan sekitar sekolah agar para siswa tidak bosan.

“Belajar tidak harus di kelas, bisa di kebun, di sawah, atau mana saja yang penting guru mengarahkan apa yang akan dipelajari,” ujarnya.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di SD Inpres Fattolo antara lain menggalakkan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, salat berjamaah, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, dan berbagai ekstra kurikuler untuk mendukung tumbuhnya lima karakter dalam PPK.

“Kebetulan siswa kami 100 persen muslim, jadi kami rancang berbagai kegiatan untuk anak-anak muslim seperti mengaji, berdoa bersama, salat berjamaah yang dipimpin siswa secara bergiliran,” kata Jena.

Jena saat ini masih terus belajar berbagai praktik baik yang dilaksanakan sekolah-sekolah lain untuk ditiru atau dimodifikasi sesuai kondisi di sekolahnya.

“Kami masih terus belajar, dan tidak malu mencontoh sekolah-sekolah lain. Kalau ada program bagus ya kami ingin juga menirunya,” tuturnya. (R/R05.RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.