Sekolah Turki Pertama Dibuka di Qatar

Doha, 16 Muharram1438/17 Oktober 2016 (MINA) – Sekolah pertama di buka di pada hari Ahad (16/10) waktu setempat.

Direktur Sekolah, Mehmet Said Karatosun, mengatakan institusi pendidikan yang ia pimpin akan memfasilitasi kebutuhan pendidikan anak-anak warga Turki yang tinggal di Qatar.

“Sekolah akan mengikuti kurikulum Turki dan proses belajar-mengajar akan diberikan dalam bahasa Turki,” ujarnya seperti dilaporkan Anadolu Agency yang dikutip MINA.

Karatosun mengatakan akibat tidak adanya di Qatar telah menghalangi keinginan atau minat banyak keluarga Turki yang ingin tinggal di negara Teluk itu.

“Keluarga Turki sangat berminat untuk memasukkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah Turki,” tegasnya.

Dia mengatakan sekolah Turki yang pertama ini -yang peletakan batu pertamanya dilakukan Presiden Recep Tayyip Erdogan tiga tahun lalu- memiliki kapasitas 350 siswa dan akan diawasi oleh Kedutaan Besar Turki di Doha.

Karatosun menyatakan biaya menempuh pendidikan di sekolah yang ia pimpin masih terbilang moderat dibandingkan dengan biaya yang ditetapkan sekolah-sekolah swasta di Qatar yang ia nilai tinggi.

“Kami berharap sekolah kami akan memikat banyak keluarga Turki yang tinggal di Qatar dan mendorong keluarga Turki lain untuk tinggal di negeri ini,” kata dia. Diperkirakan ada sekitar 7.000 warga Turki yang menetap di Qatar.

Pada bulan Desember, Pusat Kebudayaan Turki Yunus Emre dibuka di Doha, sebuah langkah yang dipandang sebagai upaya memperkuat hubungan antara Turki dan Qatar. (T/P022/P4)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.