Selain New York, California Umumkan Status Darurat Cacar Monyet

Foto: Screenshot of New York Times

Pengumuman tersebut bertujuan meningkatkan upaya dalam melawan wabah cacar monyet atau Monkeypox.

Saat ini, California  telah mencatat 827 kasus, tertinggi kedua setelah New York (NY). Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), total kasus cacar monyet di AS mencapai 5.811 kasus.

“California bersama seluruh tingkat pemerintahan berusaha memperlambat penyebaran cacar monyet, dengan cara melakukan pengujian, pelacakan kontak, dan menjalin kemitraan dengan masyarakat masyarakat yang rawan tertular menjadi prioritas kami dan memastikan mereka mendapat vaksin, pengobatan, dan pengawasan,” kata Gavin Newsom dalam sebuah pernyataan.

“Kami dan pemerintah federal berupaya untuk memperoleh lebih banyak vaksin, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang wabah ini, dan melawan stigma buruk tentang LGBTQ (lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer),” tambahnya.

Selain California, Gubernur Illinois pun juga mengumumkan status darurat di hari yang sama.

Mayoritas yang terinfeksi wabah tersebut adalah pasangan gay. Namun, para ahli juga mengingatkan bahwa cacar monyet dapat menular lewat kontak langsung dengan pasien cacar monyet atau menyentuh langsung barang miliknya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan cacar monyet sebagai darurat global pada 23 Juli lalu. Menurut data WHO, lebih dari 19.000 kasus cacar monyet telah tercatat dari 78 negara. (T/ri/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.