Selidiki Pelanggaran Israel terhadap Anak, Utusan Khusus PBB Kunjungi Palestina

Menteri Luar Negeri Riyad al-Malki dengan Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Anak-anak dan Konflik Bersenjata, Virginia Gamba. (Foto: WAFA)

Ramallah, MINA – Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak-anak dan Konflik Bersenjata, Virginia Gamba de Potgieter, memulai kunjungan resmi ke pada Senin (12/12), untuk menyelidiki pelanggaran Israel, terutama terhadap .

Kantor Berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan penyelidikan itu termasuk kejahatan Israel yang sistematis dan disengaja terhadap anak-anak Palestina, yang termasuk dalam kerangka Resolusi Dewan Keamanan 1612 (2005) mencakup pembunuhan dan melukai anak-anak, menargetkan sekolah dan rumah sakit, serangan seksual, penculikan anak-anak, dan menolak akses kemanusiaan serta bantuan medis.

Sementara itu, Gamba menegaskan kerja sama dan koordinasinya dengan Negara Palestina adalah untuk melindungi anak-anak Palestina sehubungan dengan meningkatnya pelanggaran Israel dan kekerasan pemukim, menunjukkan dia menyadari kejahatan harian yang dilakukan terhadap anak-anak Palestina, mengungkapkan kemarahannya dengan kejahatan in.

Ia menekankan esensi pekerjaannya adalah memastikan perlindungan anak di daerah konflik, dan sesuai amanat hukum, ia memiliki kewenangan mengunjungi daerah konflik dan mengadakan pertemuan serta pembicaraan dengan para pihak di daerah untuk mendesak mereka memberikan perlindungan bagi anak-anak dari kekerasan dan kejahatan.

Perwakilan Khusus juga menekankan kunjungan ini tidak akan menjadi yang terakhir dan dia berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah Palestina dan memberikan pelatihan khusus bagi para pekerja di kementerian Palestina.

Gamba berharap dapat mengunjungi Palestina sekali lagi untuk bertemu dengan organisasi masyarakat sipil, membahas cara kerja sama dan dialog tentang pelanggaran dan kejahatan pasukan pendudukan dan pemukim, khususnya pelanggaran yang ditentukan dalam resolusi Dewan Keamanan 1612 (2005). (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.