Seluruh Provinsi di Sudan Sudah Terpapar COVID-19.

Khartoum, MINA- Perkembangan Penyebaran Covid-19 secara nasional di Sudan sudah masuk di seluruh Provinsi di Sudan, yaitu 18 Wilayah. Senin,(11/5) Kementerian Kesehatan Sudan mengumumkan pertambahan 201  orang  yang dinyatakan  Positif COVID-19, sehingga keseluruhan 1365 orang yang dinyatakan Positif di Seluruh Sudan.

Sementara itu, korban yang meninggal sebanyak 70 orang,  sembuh 149  orang,. Pengumuman tersebut disampaikan melalui pernyataan pers yang dikeluarkan Data Center Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan.

Penyebaran Covid-19 sudah masuk di seluruh Sudan, menurut data terbaru hari ini, dengan terbanyak di Khartoum,  Gezira, Kordofan Utara, Qadarif dan Sennar.

Khartoum  tercatat penambahan kasus baru positif sebanyak 174 Orang, dari jumlah keseluruhan 1149  orang,  sedangkan yang dinyatakan Sembuh 30 Orang dan Wafat 4 Orang.

Sementara itu, Provinsi Gezira dilaporkan positif Covid-19 kasus baru 10 , total 55 Orang, Provinsi Sennar 15 baru, Total 35, Provinsi Kordofan Utara Total, 38, Provinsi  Qadarif  Total 32.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan beberapa tempat rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di berbagai Provinsi, terutama di Provinsi Khartoum, Seperti Rumah Sakit IGD Jabro, Rumah Sakit Universal Sudan.

Pada Konferensi Pers, Sabtu (9/5) lalu, Kemenkes Akram Toum mengatakan, kami sudah melakukan dua hal penting dalam percepatan penanganan COVID-19; pertama penyuluhan kepada seluruh tenaga medis tentang protap keamanan seperti keharusan penggunaan APD (alat Pelindung Diri, dll).  Kedua mendsitribusikan APD ke Dinas kesehatan setiap provinsi.

Menteri mengatakan, dalam dua  pekan ke depan terdapat sejumlah provinsi yang memiliki kesiapan untuk melakukan tes laboratorium dan uji klinis sampel dari swab test sehingga tidak perlu dikirim ke balai besar di ibu kota.  Di antara provinsi dan kota tersebut adalah Provinsi Gezira, (Wad Madani) Provinsi Laut Merah ( Port Sudan), Provinsi Darfur Selatan ( Kota Nyala) Provinsi Darfur Barat ( Kota Geneina) dan Kota Donggola. (L/B02/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)