Seminar Nasional Palestina di UI Hasilkan “Inisiatif Salemba”

Ketua AWG, Agus Sudarmaji saat membacakan rekomendasi Inisiatif Salemba (foto: Abdullah/Sajadi)

Jakarta, MINA – Seminar nasional bertema“Tanggung Jawab Intelektual dalam Mendukung Pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Kemerdekaan Palestina” diselenggarakan di Gedung Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Sabtu (24/8) menghasilkan poin-poin yang terangkum dalam Inisiatif Salemba.

Seminar tersebut diselenggarakan oleh Aqsa Working Group (AWG), sebagai lembaga kemanusiaan yang fokus dalam pembebasan Masjid Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI), serta Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia.

Ketua AWG, Agus Sudarmaji mengatakan, dalam “Inisiatif Salemba” peserta Seminar menyatakan beberapa rekomendasi terkait komitmen dan ikhtiar mendukung kemerdekaan Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsa sebagai berikut:

Pertama, mengajak masyarakat intelektual dimanapun untuk membangun kesadaran untuk ikut menghentikan kezaliman Israel terhadap Masjid Al Aqsa dan bangsa Palestina.

Kedua, menghimbau agar masyarakat intelektual lebih peduli terhadap nasib Masjid Al Aqsa dan bangsa Palestina dengan melakukan berbagai tindakan nyata untuk mendorong berlanjutnya proses perdamaian di Palestina hingga terbebasnya Masjid Al Aqsa dan merdekanya negara dan bangsa Palestina.

Adapun tindakan nyata tersebut adalah dengan menjalankan Gerakan Intelektual Peduli Al Aqsa dan Palestina yang dimulai dari kampus atau pusat pendidikan tinggi serta komunitas profesional.

Contoh kegiatan yang dilakukan dalam gerakan bersama ini di antaranya, sosialisasi tentang pentingnya mendukung perjuangan pembebasan Masjid Al Aqsa dan kemerdekaan Palestina melalui pelatihan, penataran, seminar dan konfrensi ilmiah.

Selain itu, pengembangan diskursus tentang pembebasan Masjid Al Aqsa dan kemerdekaan Palestina melalui berbagai forum dan media terutama untuk mengimbangi hegemoni intelektual Zionis Israel dan para pendukungnya di dunia ilmu dan forum intelektual dunia.

Membangun sinergi di antara berbagai komponen masyarakat intelektual untuk bersama-sama mengawal Gerakan Intelektual Peduli Al Aqsa dan Palestina.

Mengembangkan silaturrahim dan komunikasi berbagai komponen masyarakat untuk menggalang kebersamaan dalam mendukung perjuangan pembebasan Masjid Al Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

Ketua AWG mengatakan, seminar tersebut dihadiri perwakilan dari 23 universitas dan ini merupakan langkah awal yang nantinya akanada seminar lanjutan guna pembebasan Masjid Al Aqsa dan Kemerdekaan Palestina.

“Dukungan Intelektual sangat dibutuhkan, dan insyaAllah dari seminar ini merupakan snowball untuk terus menyuarakan perjuangan pembebasan Palestina,” ujarnya. (L/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)