Seminar Zakat Internasional Akan Digelar di Samarinda

Samarinda, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalimantan Timur akan menggelar di Kantor Gubernur Kalimantan Timur pada Rabu (30/5) mendatang.

Seminar Internasional tersebut hasil kerjasama antara BAZNAS Kaltim dengan Pemprov Kaltim, Pondok Pesantren Al-Fatah Samarinda, dan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Universitas Mulawarman.

“Acara ini bertujuan untuk sharing pengalaman pengelola zakat di berbagai negara untuk kemajuan pengelolaan zakat di Kaltim serta menjalin hubungan dan kerjasama antar badan dan lembaga zakat baik di dalam maupun luar negeri,” kata Ketua Panitia, Rais Abdullah dalam keterangan persnya, Senin (28/8).

Seperti di Sudan, lanjut Rais, mereka telah menerapkan kewajiban zakat yang diatur oleh negara dan terbukti telah mampu mengangkat masyarakat miskin menjadi kaya, dari mustahik menjadi muzakki.

Seminar yang mengusung tema ‘Penguatan Koordinasi Pengelolaan ZIS dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)’ ini akan dihadiri sekitar 250 peserta dari unsur Ketua dan staf BAZNAS Kota/Kabupaten di Kaltimtara, Ketua staf LAZ di Kaltimtara, Amilin Zakat di kota Samarinda, Akademisi dan Pegiat Ekonomi Syariah, Pimpinan Ponpes Al-Fatah Seluruh Indonesia, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Mulawarman, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Samarinda, pengasuh pondok pesantren di Kota Samarinda dan masyarakat umum.

Selain itu, beberapa narasumber dari dalam dan luar negeri dijadwalkan akan hadir dalam seminar tersebut, diantaranya Pakar Zakat dari Sudan, Syeikh Abdelelah Mohamed Ahmed Abdalla Nimir dan Dr. Tageldin Ahmed Saeed Abbas; Pengurus perunding zakat Agihan, Dr. Khairul Azhan bin Ahmat; Pembina pesantren Al-Fatah se-Indonesia, Yakhsyallah Mansur; Ketua BAZNAS Pusat, Bambang Sudibyo; dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah semua narasumber sudah memastikan bisa hadir,” ujar Rais, pria yang sehari-hari mengajar di Fakultas Ekonomi Unmul itu.

Setelah seminar tersebut, akan dilanjutkan penandatanganan MoU antara BAZNAS Kaltim dengan Institut Ilmu Zakat Sudan dan Peluncuran Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Universitas Mulawarman serta diakhiri buka puasa bersama. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0