Senat AS Ancam Beri Sanksi Arab Saudi Tahun Depan

Washington, MINA – Sekelompok bipartisan senator Amerika Serikat (AS) bersumpah untuk memberlakukan sanksi konkret pada Arab Saudi dalam undang-undang tahun depan.

Pada Kamis (13/12) waktu setempat, Senat AS akan melakukan pemungutan suara terhadap resolusi yang mengutuk Saudi karena terlibat perang di Yaman dan pembunuhan wartawan terkemuka Jamal Khashoggi, demikian Al Jazeera melaporkan.

Senator Lindsey Graham, seorang Republikan dari Carolina Selatan, dan Senator Bob Menendez, seorang Demokrat dari New Jersey, mengatakan pada Rabu (12/12), mereka berencana memajukan undang-undang yang memberlakukan sanksi keuangan dan melarang penjualan senjata.

Dalam beberapa komentar mereka hingga saat ini, para senator mengisyaratkan bahwa mereka ingin melihat Arab Saudi menurunkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dari kekuasaannya.

“Untuk teman-teman kami di Arab Saudi, Anda tidak akan pernah memiliki hubungan dengan Senat Amerika Serikat kecuali hal-hal berubah,” kata Graham, sekutu kongres Presiden Donald Trump, kepada wartawan dalam konferensi pers di Capitol Hill.

“Ada hubungan antara negara dan individu. Individu, Putra Mahkota, begitu beracun, begitu tercemar, sangat cacat sehingga saya tidak pernah bisa melihat diri saya melakukan bisnis di masa depan dengan Arab Saudi, kecuali ada perubahan di sana,” tegas Graham. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)