Senat AS Sahkan Amandemen Lawan Trump Tarik Pasukan

Washington, MINA – Para senator dari kedua partai di Amerika Serikat (AS) mendukung amandemen yang menentang rencana Presiden Donald Trump menarik pasukan dari Suriah dan Afghanistan.

Amandemen yang disahkan pada Senin (4/2) itu menjadi sebuah teguran keras terhadap keputusan presiden dari partai Republik tersebut.

Amandemen bahkan hanya ditentang oleh tiga dari 53 Senator Republik.

Teks itu mengatakan, penarikan pasukan dapat memungkinkan kelompok Islamic State (ISIS) dan Al-Qaeda untuk mengelompokkan kembali kekuatannya dan membuat tidak stabil kedua negara, Suriah dan Afghanistan.

Tindakan tersebut disponsori oleh Mitch McConnell, pemimpin Senat Partai Republik yang pekan lalu mengatakan, “akan mengakui fakta yang jelas bahwa Aal-Qaeda, ISIS dan afiliasinya di Suriah dan Afghanistan terus menimbulkan ancaman serius bagi negara kita.”

Mike Hanna wartawan Al Jazeera melaporkan, amandemen akan dimasukkan ke dalam RUU keamanan yang lebih luas di Timur Tengah yang akan dipungut suara pada akhir pekan ini.

“Yang penting, itu juga harus pergi ke DPR, tempat aspek-aspek lain dari RUU yang lebih luas kemungkinan akan menerima oposisi keras dari badan yang dikendalikan oleh Demokrat,” kata Hanna. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)