Senat AS Voting untuk Blokir Penjualan Senjata ke Saudi

Tentara Arab Saudi sedang berpatroli di perbatasan Saudi dengan Yaman (Foto: Arab News)

Washington, MINA – Senat AS pimpinan Partai Demokrat melakukan voting pada Kamis (20/6) untuk memblokir penjualan senjata senilai 8,1 miliar dolar AS ke Arab Saudi dan sekutu-sekutu Arab lainnya.

Sekitar tujuh orang Republikan dari Partainya Presiden Trump bergabung dengan Demokrat dalam mendukung tiga resolusi yang akan mencegah penjualan kontroversial yang diumumkan awal tahun ini oleh Presiden Donald Trump, demikian Nahar Net melaporkan.

Langkah-langkah itu akan memblokir 22 penjualan terpisah berupa perawatan pendukung pesawat, amunisi berpemandu presisi, dan senjata lainnya ke Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yordania pada saat meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Senator Republik Lindsey Graham memberikan teguran keras atas penjualan senjata dan kepemimpinan Saudi.

Pemerintahan Trump telah mengambil langkah luar biasa dengan mengabaikan Kongres untuk menyetujui penjualan pada bulan Mei, dengan langkah menyatakan Iran sebagai “ancaman mendasar” bagi stabilitas Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan, pemerintah menanggapi keadaan darurat yang disebabkan oleh Iran yang diklaim mendukung pemberontak Houthi di Yaman.

Para senator mengatakan, tidak ada alasan yang sah untuk menghindari Kongres yang memiliki hak untuk menolak penjualan senjata.

Hasil laporan penyelidikan independen PBB mengenai kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi kembali menyudutkan Arab Saudi di mata internasional, karena diduga kuat Putra Mahkota Kerajaan Mohammed bin Salman terlibat dalam perintah pembunuhan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)